Teropong Bisnis | Homepage
Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

0 Comments 🕔30.Mar 2016

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak jenis investasi reksadana yang dapat Anda gunakan, salah satunya reksadana Syariah. Investasi reksadana Syariah memiliki 3 hal penting, yaitu Daftar Efek Syariah (DES), cleansing dan Dewan Pengawas Syariah (DPS).

DES disini dapat dikatakan sebagai pasar saham dari investasi ini, dimana terdapat daftar perusahaan yang mengeluarkan saham yang dapat dibeli oleh investor. Daftar perusahaan ini dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta Bursa Efek Indonesia (BEI) yang diperbaharui tiap 6 bulan sekali.

Sedangkan cleansing, adalah proses pembersihan investasi dari hal-hal yang tidak sesuai dengan prinsi Syariah. Misalnya, ada pendapatan non-halal yang masuk dalam pendapatan. Dan, hal ini diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS). Dana non-halal yang didapat dari proses ini biasanya akan diberikan untuk amal.

Investasi reksadana Syariah juga menggunakan bank kustodian. Hal ini dilakukan untuk memberikan keamanan dari pencurian maupun penyalahgunaan. Investasi ini juga menggunakan Kontrak Investasi Kolektif untuk menambah keamanannya. Artinya, bila Manajer Investasi maupun Bank Kustodian mengalami kebangkrutan, dana dari investor akan tetap aman.

Investasi reksadana Syariah juga dapat dikatakan cukup mudah untuk dilakukan dan di mulai. Anda dapat membelinya dari Manajer Investasi atau Agen Penjual Reksadana (APERD). Adanya program reksadana mikro yang dikeluarkan oleh OJK juga mempermudah untuk memulai investasi ini. Dengan program ini, Anda bahkan dapat memulai investasi reksadana Syariah dengan modal hanya Rp. 100 ribu.

Persyaratan untuk memulai investasi ini juga terbilang mudah. Anda hanya perlu memiliki KTP dan tabungan. Tabungan yang Anda gunakan juga dapat berasal dari semua bank. Bahkan, investasi ini dapat dilakukan oleh mereka yang belum memiliki KTP, artinya anak Anda dapat memiliki investasi ini. Mereka dapat menggunakan tabungan atas nama orang tua, dan saat dewasa dapat melakukan perubahan nama dan kepemilikan menjadi nama anak.

Keuntungan dari investasi ini akan dipengaruhi oleh jenis rencana investasi serta target investasi yang Anda tetapkan. Bila Anda merencanakan dengan baik, maka Anda pasti akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Misalnya, untuk investasi dengan target mendapatkan keuntungan dalam waktu kurang dari 1 tahun, Anda dapat menggunakan reksadana pasar uang Syariah. Untuk target 1 – 3 tahun, dapat menggunakan reksadana pendapatan tetap Syariah, 3 – 5 tahun dengan reksadana campuran. Sedangkan, untuk target lebih dari 5 tahun dengan reksadana saham.

Dapat dikatakan, investasi reksadana Syariah menjadi pilihan terbaik, untuk Anda, para umat Muslim yang ingin berinvestasi tanpa melanggar Syariah. Dan, saat ini pula terdapat banyak sumber informasi yang dapat dijadikan referensi untuk belajar lebih banyak tentang investasi reksadana ini. Misalnya, Festival Pasar Modal Syariah, yang diadakan BEI pada tanggal 30 Maret hingga 2 April 2016 di Jakarta.

Investasi Reksadana

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

BI Ungkapkan Kesiapan Hadapi Pelemahan Nilai Tukar Rupiah

BI Ungkapkan Kesiapan Hadapi Pelemahan Nilai Tukar Rupiah 0

BI (Bank Indonesia) menyampaikan bahwa pihaknya yakin bahwa BI masih mempunyai kekuatan untuk menjadikan rupiah

5 Tips untuk Mendapatkan Keamanan Finansial Di Masa Mendatang

5 Tips untuk Mendapatkan Keamanan Finansial Di Masa Mendatang 0

Mempersiapkan keuangan Anda untuk menghadapi masa depan yang tidak pasti merupakan hal terpenting yang harus

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *