Teropong Bisnis | Homepage
Rupiah Semakin Melemah Karena dan Menimbulkan Permasalahan di Berbagai Sektor

Rupiah Semakin Melemah Karena dan Menimbulkan Permasalahan di Berbagai Sektor

0 Comments 🕔18.Jul 2013

Nasib rupiah agaknya tidak makin membaik.  Bahkan terjadi pelemahan nilai rupiah yang tidak segera ditemukan solusinya. Pelemahan nilai rupiah ini tentu saja membuat perekonomian yang ada di Indonesia semakin tidak teratur. Banyak pakar ekonom yang mengatakan bahwa pelemahan nilai rupiah ini menunjukan bahwa fundamental ekonomi di Indonesia sangatlah lemah. Hal ini berkaitan dengan semakin meningkatnya nilai tukar dollar terhadap rupiah. Bahkan angkanya tidak menunjukan penurunan sama sekali. Kalaupun terjadi penurunan, jumlahnya hanya beberapa persen saja . Periode pelemahan nilai rupiah ini juga menjadi tantangan bagi pemerintah untuk segera mencari solusi yang tepat sebelum angkanya makin meningkat lagi.

Rupiah-Semakin-Melemah-Karena-dan-Menimbulkan-Permasalahan-di-Berbagai-Sektor-2

Penyebab Nilai Tukar Rupiah tidak Stabil

Mirza Adityaswara, Ekonom Lenbaga Penjamin Simpanan (LPS), mengatakan bahwa saat ini kenaikan BBM merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan nilai tukar rupiah menjadi tidak stabil. Sebelumnya pemerintah memprediksi bahwa kenaikan harga BBM akan bisa menstabilkan nilai rupiah menjadi lebih baik lagi, namun ternyata hal itu tidak semudah yang dibayangkan untuk dilakukan. Supaya masalah pelemahan rupiah ini tidak berlarut-larut, pelaksana program APBN berencana untuk melakukan perubahan pada neraca perdagangan yang ada di Indonesia. Diharapkan dengan melakukan perubahan pada neraca perdagangan tersebut akan bisa membuat nilai tukar rupiah terhadap dollar menjadi stabil lagi. Hasil ini tentunya sangat diharapkan oleh banyak pihak. Nilai tukar rupiah yang semakin membaik akan menstabilkan status ekonomi yang ada di Indonesia saat ini.

Permasalahan Meningkatnya Aktivitas Import

Mirza juga memberikan opininya bahwa saat ini ketergantungan terhadap impor menjadi salah satu potensi utama yang menyebabkan menggelembungnya nilai NPI sepanjang tahun 2013. Banyak juga sebenarnya hal-hal lain yang menjadi pemicu masalah ini sayangnya, sama dengan permasalahan diatas, masih belum ada solusi terbaik yang bisa dilakukan. Status ekonomi yang ada di Indonesia juga semakin memburuk dengan meningkatnya suku bunga acuan yang diberikan oleh bank Indonesia. Hal ini tentu saja berpengaruh pada bank-bank lain di Indonesia yang pada akhirnya memutuskan untuk menaikan suku bunganya juga. Beliau juga menambahkan bahwa BI sudah dua kali menaikan suku bunga acuan atau BI rate yang mereka miliki sebagai sebuah langkah yang dianggap sangat signifikan untuk mendukung adanya kajian import yang terjadi di Indonesia.

Mengapa permasalahan import menjadi masalah yang utama? Hal ini jelas dikarenakan ketergantungan terhadap import mengakibatkan pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia semakin melambat. Mungkin pemerintah harus memikirkan ulang kebijakan yang tepat bagi permasalahan import ini. Hal ini jelas dikarenakan grafik import Negara Indonesia dikabarkan tengah mengalami peningkatan yang cukup drastis sehingga menimbulkan permasalahan di berbagai sektor, termasuk melemahnya nilai tukar rupiah tersebut. Pastinya ada solusi dari setiap masalah ekonomi yang ada saat ini, para ekonom banyak yang optimis terhadap hal tersebut.

Rupiah-Semakin-Melemah-Karena-dan-Menimbulkan-Permasalahan-di-Berbagai-Sektor-3

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *