Teropong Bisnis | Homepage
Rupiah Melemah di Pasar China

Rupiah Melemah di Pasar China

0 Comments 🕔13.Mar 2014

Akhir-akhir ini, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS menjadi sorotan di mata publik karena semakin kesini semakin melemah. Meskipun begitu, beberapa waktu lalu terdapat perbaikan yang signifikan pada nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang mengguat dan mengalami peningkatan hingga 6,6% dan bertengger pada level 11.344. Tentunya rekor ini sangat membanggakan bagi Indonesia karena memberikan banyak pengaruh yang baik pada sektor perdagangan di Indonesia. Dengan demikian, ekonomi Indonesia pun juga ikut menguat sehingga bisa bersaing dengan negara-negara berkembang lainnya. Akan menjadi hal yang sangat bagus apabila nilai tukar rupiah semakin menguat dari waktu ke waktu dan membawa dampak baik bagi perekonomian Indonesia.

Namun, sayangnya harapan untuk nilai tukar rupiah terhadap dollar AS agar membaik tampaknya belum bisa terwujud saat ini. Pasalnya, ada beberapa faktor yang terjadi dan menyebabkan penurunan nilai tukar rupiah terhadap AS. Setelah bertengger pada posisi yang kuat tanggal 10 Maret 2014 lalu, nilai tukar rupiah kembali menurun karena adanya penurunan aktivitas pasar China. Penurunan aktivitas ini berpengaruh langsung terhadap kekuatan rupiah dan menyebabkan penurunan sebanyak 0,2%. Indonesia harus pasrah dengan menurunnya nilai tukar rupiah yang saat ini bertengger pada level 11.489. Penurunan ini menjadikan harga jual rupiah yang menurun di banyak bank lokal dan juga beberapa tempat penukaran uang.

nilai tukar rupiah, rupiah melemah, pasar china, ekonomi, rupiah

Pada dasarnya, penurunan aktivitas pasar China yang memberikan dampak besar bagi kekuatan rupiah ini terjadi karena kekhawatiran investor yang melihat penurunan pada aktivitas perdagangan antara Indonesia dan China. Sudah bukan hal yang mengejutkan lagi apabila dua negara ini terlibat kerjasama dalam perdagangan dan memiliki hubungan yang baik dalam hal ini. Oleh karena itulah banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi pada perdagangan antara China dan Indonesia sehingga menguatkan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dari waktu ke waktu. Karena itulah dampak yang ditimbulkan apabila ada perubahan dalam kerjasama ini akan sangat besar dan bisa mempengaruhi banyak aspek apabila tidak segera diatasi.

Kekhawatiran investor dalam kerjasama perdagangan Indonesia dan China ini muncul karena adanya penurunan aktivitas pasar China yang tidak sebagus beberapa bulan lalu. Neraca perdagangan kedua negara menunjukkan bahwa penurunan aktivitas perdagangan dua negara ini mencapai level terendah dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Tidak heran apabila investor berpikir ulang untuk berinvestasi disini karena keuntungan yang didapat akan menurun. Oleh karena itulah penting bagi Indonesia untuk memperbaiki keadaan dalam kerjasama perdagangan dengan China agar bisa memperoleh hasil terbaik sekaligus bisa menguatkan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. Apabila rupiah menguat, tentu saja aspek lain dalam pembangunan akan ikut menguat dan membaik.

Sumber:http://bisnis.liputan6.com/read/2021633/turun-48-poin-rupiah-terimbas-pelemahan-ekspor-china

nilai tukar rupiah, rupiah melemah, pasar china, ekonomi, rupiah

BACA JUGA:

Dampak Terbesar Melemahnya Nilai Tukar Rupiah

Nilai Tukar Rupiah Membumbung Tinggi, Akankah Abadi?

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *