Teropong Bisnis | Homepage
Rupiah Masih Mungkin Tembus Rp 10.000,- Per USD

Rupiah Masih Mungkin Tembus Rp 10.000,- Per USD

0 Comments 🕔14.Jun 2013

Rupiah-Masih-Mungkin-Tembus-Rp 10.000-Per-USD-2

Uji ketahanan nilai tukar mata uang rupiah terhadap valuta asing, khususnya dollar AS nampaknya masih akan terus diuji hari ini Kamis (13/6). Walaupun rupiah masih bisa terus bertahan pada posisi di kisaran Rp 9.800,-an terhadap dollar AS, rupiah dinilai masih ada kemungkinan untuk lolos dan tembus hingga Rp 10.000,- per dollar AS. Saat ini Bank Indonesia juga masih terus berupaya untuk membawa mata uang Republik Indonesia ini berada di bawah nilai Rp 9.900,- per dollar AS. Berdasarkan kurs tengah Bloomberg, pada penutupan perdagangan kemarin, nilai mata uang rupiah berada di posisi Rp 9.861,- per dollar AS. Adanya campur tangan atau intervensi dari BI kemarin sukses membawa nilai rupiah naik dari nilai perdagangan sebelumnya di tengah melemahnya mata uang Asia. Selain itu, penguatan juga telah terjadi di bursa Indonesia yakni IHSG ditutup naik 1,9 persen atau 4.697,88 saat sebagian besar pasar di Asia melemah.

 

Pasar AS dan Eropa Juga Melemah

Pelemahan nampaknya tidak hanya terjadi di Asia saja karena semalam pasar AS dan Eropa melemah. Yield obligasi 10 tahun mengalami kenaikan menjadi 2,219 5. Tetapi indeks future Asia masih dilaporkan negatif. Menurut Lana Soelistianingsih, ekonom Samuel Sekuritas Indonesia mengatakan bahwa kemungkinan melemahnya pasar ini akan membawa konsekuensi koreksi berlanjut di pasar Asia. Terkait nilai tukar mata uang rupiah, Lana juga menjelaskan bahwa posisi rupiah masih rawan. Walaupun rupiah saat ini bisa ditutup di bawah angka Rp 9.900,- per dollar AS namun rupiah masih diperjualbelikan di atas Rp 10.000,- per dollar AS di dalam perdagangan harian sehingga keadaan ini membuat rupiah masih berada di level rawan yang cukup merisaukan.

Rupiah Melemah, Eksportir Untung

Saat kondisi nilai tukar mata uang rupiah melemah, eksportir lah yang merasa diuntungkan. Kadin Franky Widjaja, Wakil Ketua Bidang Agribisnis, Pangan, dan Peternakan membenarkan hal itu kendati pelemahan rupiah ini hanya bersifat sementara. Namun, menurut Franky, nilai tukar rupiah yang stabil akan lebih bagus untuk harga komoditas. Franky Juga menambahkan bahwa saat rupiah melemah ini, para eksportir memang diuntungkan, namun keuntungan ini juga hanya sementara karena hanya merupakan imbas profit taking dari para investor di bursa. Ia mengatakan bahwa pemerintah juga telah meyakinkan para pengusaha untuk menstabilkan nilai tukar mata uang rupiah supaya bisa nyaman untuk semua pihak. Sementara itu, pemerintah juga menginginkan supaya para eksportir yang telah mendapat dollar AS di luar negeri mau menyimpannya ke DHE (Devisa Hasil Ekspor) dan disimpan ke perbankan nasional untuk menambah likuiditas dollar AS di dalam negeri. Sejak beberapa hari terakhir, kurs rupiah ke dollar AS memang melemah. Oleh sebab itu, BI berupaya keras untuk menguatkan nilai rupiah.

Rupiah-Masih-Mungkin-Tembus-Rp 10.000-Per-USD-1

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *