Teropong Bisnis | Homepage
Rupiah Kesulitan Mencapai Asumsi Nilai tukar Rp 9.600 di RAPBN

Rupiah Kesulitan Mencapai Asumsi Nilai tukar Rp 9.600 di RAPBN

0 Comments 🕔10.Jun 2013

Menurut pengamat pasar keuangan di Indonesia, Farizal Anwar, asumsi nilai tukar rupiah yang akan digunakan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara edisi perubahan yang diterbitkan tahun 2013 kali ini, nilai tukar sebesar Rp 9.600 akan sangat sulit untuk dicapai. Hal ini karena potensi pelemahan mata uang yang terjadi saat ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan potensi penguatannya terhadap Dolar Amerika Serikat.

Anwar menambahkan bahwa peluang untuk pelemahan lebih besar dari pada penguatan karena adanya faktor dari pasar yang saat ini cenderung kurang mendukung untuk penguatan. Beberapa faktor yang kurang positif tersebut akan mempengaruhi kekuatan rupiah untuk terus menguat. Kemungkinan ini tentu saja akan sulit ditembus apabila RAPBN yang dicanangkan pemerintah akan tetap mengacu pada asumsi nilai tukar rupiah pada kisaran 9.600.

Hasil Rapat di DPR Perlu Dievaluasi

Fahrizal Anwar juga menambahkan bahwa hasil rapat kerja yang dilaksanakan di DPR beberapa waktu yang lalu masih perlu dievaluasi. Hasil rapat antara DPR RI dan Pemerintah menghasilkan sebuah kesepakatan yang memberikan asumsi bahwa nilai tukar yang akan digunakan untuk RAPBN tahun 2013 ini menggunakan nilai tukar rupiah sebesar 9.600 per dolar AS. Asumsi ini melemah jika dibandingkan dengan tahun lalu yang menggunakan asumsi 9.300 rupiah per dollar AS. Selain itu, asumsi ini sebenarnya juga sudah disepakati oleh anggota Komisi XI di DPR RI.

Rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak juga turut mempengaruhi kesulitan rupiah untuk mencapai nilai yang ditargetkan. Kenaikan harga minyak bersubsidi akan turut mendorong ongkos produksi barang untuk meningkat. Hal ini tentu saja akan memberi kontribusi yang signifikan terhadap laju inflasi. Selain itu, periode selama bulan Ramadhan tahun ini juga tentu dikhawatirkan akan turut berpengaruh kepada harga bahan pokok.

Dampaknya pada Inflasi

Jika dianalisis lebih mendalam, berbagai faktor tersebut akan memberi pengaruh yang signifikan terhadap laju rupiah yang akan semakin melemah. Hal ini juga turut terpengaruh oleh masuknya dana asing yang bisa dikatakan cukup banyak dan membuat kemungkinan profit taking juga lebih tinggi. Hal ini juga akan berpengaruh pada defisit dalam neraca perdagangan. Ini karena nilai impor yang dihasilkan akan lebih tinggi dari pada ekspor. Selain itu, hal lain yang juga turut mempengaruhi sulitnya rupiah untuk melemah adalah analisis masyarakat yang sudah mampu menilai kemungkinan rupiah akan melemah lagi. Karenanya, mereka akan cenderung lebih senang memegang uang Dolar daripada Rupiah karena takut jika rupiah akan melemah lagi.

Fahrizal Anwar memperkirakan bahwa nilai tukar rupiah pada akhir tahun ini akan berada pada kisaran Rp 9.700 hingga Rp 9.950 per dollar AS. Nilai ini dapat dikatakan melemah jika dibandingkan dengan asumsi pada RAPBN-P 2013. Anwar menambahkan bahwa kisaran rupiah pada angka tersebut pun dinilai juga akan cukup sulit. Jika BI tidak mampu mengendalikan laju melemahnya rupiah, ini bisa berakibat nilai tukar rupiah akan semakin melemah.

Gambar: jelajahbisnismandiri.blogspot.com

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *