Teropong Bisnis | Homepage
Redenominasi Rupiah

Redenominasi Rupiah

0 Comments 🕔19.Apr 2013

Saat ini memang sedang gencarnya kabar tentang akan dilaksanakan redenominasi rupiah. Akan tetapi sebenarnya apa redenominasi itu? Sebenarnya dulu Indonesia pernah melakukan redenominasi dan kebijakan tersebut terbilang sukses. Kini hal tersebut akan diulang kembali. Akan tetapi kali ini tantangan yang dialami oleh pemerintah berbeda. Secara sederhana, redenominasi adalah upaya untuk menyederhanakan mata uang suatu negara. Hal ini biasa dilakukan dengan mengurangi jumlah nol pada mata uang.

Khusus untuk wilayah Indonesia, redenominasi ini akan dilakukan dengan mengurangi 3 angka nol pada mata uangnya. Akan tetapi bagaimana dengan nilai mata uang tersebut? Sebenarnya ini hanya mengubah nominalnya saja, secara nilai tetap saja sama. Sebagai contoh, uang Rp 1000 nilainya akan sama dengan Rp 1 pasca redenominasi. Uang Rp 100.000 nilainya akan sama dengan uang sebensar Rp 100 pasca redenominasi.

Redenominasi harus Dilakukan dengan Hati-hati

Mungkin konsep redenominasi terlihat cukup sederhana. Jika berhasil, efek yang diberikan dari redenominasi ini juga akan sangat menguntungkan masyarakat Indonesia. Akan tetapi redenominasi juga memiliki resiko yang tidak kecil. Jika dilakukan dengan cara dan strategi yang salah, maka redenominasi justru akan menghancurkan nilai mata uang rupiah dan menyebabkan inflasi yang cukup serius. Karena itulah pemerintah terlihat sangat hati-hati dalam melakukan upaya redenominasi ini.

Dalam redenominasi, persepsi masyarakat dan pemahaman akan redenominasi adalah tantangan yang sangat besar. Sebelum redenominasi dilakukan, masyarakat harus paham dan mengubah paradigmanya terlebih dahulu. Sebagai contoh adalah nilai uang Rp 1 pasca redenominasi. Sebenarnya uang Rp 1 setelah redenominasi sama dengan uang Rp 1000 saat sebelum redenominasi. Akan tetapi karena anggapan bahwa uang sebesar Rp 1 itu sangat kecil bahkan lebih kecil dari Rp 1000, maka ada kemungkinan penjual akan melakukan pembulatan ke atas menjadi Rp 50. Padahal nilai Rp 50 setelah redenominasi sama dengan Rp 50.000.

Hal ini tentunya akan memicu inflasi kembali. Belum lagi masalah yang diakibatkan oleh orang-orang yang hanya ingin untung sendiri dan berupaya untuk menimbun barang sehingga menyebabkan kelangkaan barang. Karakter masyarakat yang mudah panik juga menjadi pemicu inflasi pasca redenominasi, terlebih untuk masyarakat pedesaan yang masih sulit diakses dan sulit terjangkau informasi maupun sosialisasi dari pemerintah. Padahal jumlah penduduk pedesaan di Indonesia masih termasuk besar.

Kunci Sukses Kesuksesan Redenominasi

Kunci kesuksesan redenominasi sebenarnya terletak pada sosialisasi dan kondisi ekonomi di negara yang akan melaksanakan redenominasi. Karena itulah sosialisasi harus dilakukan dalam waktu yang berangsur-angsur dan cukup lama. Hal ini dilakukan untuk mengubah paradigma masyarakat bahwa redenominasi tidak sama dengan pemotongan nilai uang dan meningkatkan pentingnya redenominasi bagi kesejahteraan mereka. Selain itu agar ekonomi di negara yang melakukan redenominasi tetap stabil, maka redenominasi harus dilakukan pada timing yang tepat.

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *