Teropong Bisnis | Homepage
Ramalan Pekan Ini, Nilai Tukar Rupiah Melemah

Ramalan Pekan Ini, Nilai Tukar Rupiah Melemah

0 Comments 🕔22.Apr 2014

Ada banyak hal yang mempengaruhi kondisi Rupiah di pasar modal. Salah satunya adalah kejadian-kejadian yang terjadi di beberapa negara di benua Eropa maupun Amerika. Hal ini tampak dari nilai tukar Rupiah yang terpengaruh oleh krisis Ukraina.

Analis memperkirakan bahwa akan terjadi pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat (AS) pada minggu ini. Hal ini dikarenakan krisis Ukraina semakin parah. Selain itu, AS dan sekutunya di Eropa juga memberikan peringatan keras terhadap Rusia mengenai masalah ini. Menurut Wong Chee Seng, Pengamat Pasar Uang AmBank Group di Kuala Lumpur, Malaysia, hal ini juga mempunyai dampak besar.

Dengan adanya peringatak keras ini, dapat dikatakan aset-aset yang berada atau berhubungan dengan Rusia maupun Ukraina menjadi sangat beresiko. Oleh karena itu, banyak pelaku pasar yang mencoba mengamankan uang mereka. Salah satunya adalah memindahkannya ke aset yang lebih aman, seperti Dollar AS. Dengan banyaknya pelaku pasar yang melakukan hal ini, maka nilai Dollar AS semakin menguat.

Selain hal ini, perbaikan yang terjadi pada perekonomian AS juga menjadi salah satu alasan menguatnya Dollar AS. Pemerintah AS mengeluarkan data resmi mengenai hal ini. Mereka juga menyampaikan data mengenai penurunan angka pengangguran di AS. Artinya, pasar AS kembali kondusif setelah beberapa saat yang lalu dilanda krisis dan hal ini akan mempengaruhi nilai tukar Rupiah.

nilai tukar rupiah, ekonomi, rupiah melemah, managemen keuangan, rupiah

Menurut Bloomberg-JpMorgan terjadi penurunan pada Asia Dollar Index. Penurunan yang terdeteksi sebesar 0,2% dan indeks berada di level 155,55. Salah satu penyebab terjadinya penurunan ini adalah melemahnya mata uang Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan Malaysia.

Untuk Indonesia, pasar modal belum dibuka karena masih berada pada masa libur Paskah. Hal ini juga terlihat pada pasar India dan Singapura. Akan tetapi, pada penutupan perdagangan hari Kamis minggu lalu, nilai tukar Rupiah mengalami pelemahan. Pelemahan yang terdeteksi sebesar 0,19% menjadi Rp. 11.424 per Dollar AS.

Menurut Rangga Cipta, Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, pergerakan nilai tukar Rupiah belum stabil. Hal ini dikarenakan belum adanya pengaruh yang cukup kuat yang terjadi di dalam negeri. Tetapi, menurut Rangga, Rupiah akan sama seperti mata uang negara Asia lainnya. Akan terjadi pelemahan, khususnya pada pekan ini.

Selain krisis Ukraina dan kondisi ekonomi AS, pengaruh dari dalam negeri pada pekan ini diperkirakan akan memberikan dampak berarti. Salah satunya adalah pengumuman koalisi partai politik untuk menyambut Pemilu Presiden mendatang.

Sebenarnya, Indonesia berada di tren positif setelah beberapa saat yang lalu mengalami beberapa masalah. Hal ini tampak dari pergerakan IHSG yang selalu naik beberapa pekan lalu. Penurunan nilai tukar Rupiah juga tidak terlalu signifikan. Artinya, masih ada harapan akan adanya kenaikan nilai tukar Rupiah di beberapa pekan mendatang.

 nilai tukar rupiah, ekonomi, rupiah melemah, managemen keuangan, rupiah

BACA JUGA:

Rupiah Melemah di Pasar China

Gairah Baru Industri Uang Elektronik, Dengan Aturan Baru dari BI

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *