Teropong Bisnis | Homepage
Popularitas Uang Receh Menjelang Lebaran

Popularitas Uang Receh Menjelang Lebaran

0 Comments 🕔14.Aug 2013

Popularitas-Uang-Receh-Menjelang-Lebaran-3

Barangkali Anda bertanya-tanya, seberapa banyak uang receh yang disedot oleh masyarakat Indonesia menjelang lebaran? Kita bisa melihatnya melalui salah satu cabang BCA Utama yang ada di kawasan Ahmad Yani Makasar. Dari sini bisa dilihat bahwa pihak Bank telah menyediakan dana sebesar 9,1 Milyar untuk uang receh tersebut, sementara itu Bank Indonesia yang berlokasi di Sulawesi Tenggara menyediakan 800 Milyar rupiah, dan untuk daerah Puworkerto, jumlahnya mencapai hingga 2,7 Trilliun Rupiah. Jumlah yang besar tentunya sudah disiapkan oleh pihak bank mengingat banyak sekali masyarakat yang ingin mendapatkan uang receh untuk dibagikan kepada anak-anak yang silaturahmi menjelang lebaran

Budaya Bagi-Bagi Uang Receh kepada Anak-Anak

Budaya untuk memberikan uang receh kepada anak-anak memang merupakan sebuah tradisi yang sangat kental terjadi setiap tahunnya. Para anak-anak juga biasanya suka untuk berkunjung ke rumah tetangga-tetangga mereka dan kemudian mendapatkan uang receh setelah bersalaman lebaran. Tentunya hal ini juga sangat positif karena juga akan mengajarkan kepada anak-anak untuk menjalin tali silaturahmi dengan sesamanya dan ketika nantinya mereka menjadi dewasa, giliran merekalah yang akan didatangi oleh anak-anak lainnya dan mereka harus memberikan uang receh untuk anak-anak yang datang tersebut. Tradisi ini terus berlangsung hingga sekarang. Bisa dikatakan jika hidup di Indonesia ini penuh dengan jackpot karena di hari-hari tertentu ada saja cara yang bisa dilakukan seseorang untuk memperoleh hadiah uang, bahkan anak-anak sekalipun.

Popularitas-Uang-Receh-Menjelang-Lebaran-4

Uang Receh di Australia Sangat Langka

Jika dibandingkan dengan hidup di Australia, tentu saja sangat berbeda dengan di Indonesia. Di Australia sana kehidupannya serba rutin dan datar. Ditambah lagi setiap orang sudah memiliki takaran pemasukan yang jelas sehingga tidak perlu ada yang dipermasalahkan lagi. Namun, inilah yang menjadikan uang receh di Australia jumlahnya juga tidak begitu banyak. Maka dari itu kalau merayakan lebaran di Australia biasanya tidak ada tradisi bagi-bagi duit dikarenakan uang recehnya juga tidak ada. Budaya lebaran yang masih kental di Australia adalah makan opor dan juga ketupat. Jadi anak-anak jangan harap bisa mendapatkan uang receh angpau lebaran.

Hal ini menunjukan bahwa uang mereka sangat tidak terkelola dengan baik. Semua uang yang disediakan telah dialokasikan untuk professional yang berbeda-beda. Mereka sangat hebat dalam mengatur dan menyusun anggaran keuangan sesuai pada tempatnya, namun inilah justru yang menjadikan kelemahan pada mereka. Sebaliknya di Indonesia uang receh masih banyak digunakan oleh masyarakat dan diterima oleh banyak orang sehingga anak-anak pun bisa memperoleh uang receh pada saat hari raya tiba. Meskipun uang receh ini jumlahnya tidak begitu banyak, dan tidak bisa dipakai untuk membayar uang kuliah, namun uang receh ini bisa menjadi hadiah yang berharga bagi anak-anak supaya mereka bisa membeli mainan yang mereka inginkan.

Popularitas-Uang-Receh-Menjelang-Lebaran-5

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *