Teropong Bisnis | Homepage
Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

0 Comments 🕔03.Mar 2016

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk wilayah Indonesia, menurut pengamat juga akan turut mengikuti bentuk trend yang satu ini dalam perkembangannya. Trend tersebut dinyatakan akan berkembang di kawasan Indonesia, karena hal ini berkaitan dengan harga minyak yang cukup murah. Padahal seharusnya hal ini dijadikan sebagai bahan pertimbangan utama dalam penurunan dari suku bunga  acuan.

Penurunan suku bunga itu sendiri bermanfaat dalam menggerakan kondisi perekonomian. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Direktur Indef yaitu Dzulfian Syafnan. Menurut beliau deflasi global itu sendiri bermula dari lambatrnya sistem pertumbuhan yang terjadi pada perekonomian dunia. Hal ini juga berkaitan dengan jatuhnya beberapa harga komoditas utama seperti halnya energi serta minyak bumi.

Menurut beliau deflasi yang terjadi pada bulan Februari di tahun 2016 ini juga membuka peluang yang sangat lebar bagi Bank Indonesia untuk kembali memangkas bentuk suku bunga yang menjadi acuannya. Sedangkan deflasi ini sendiri akan terus berlanjut, utamanya jika perekonomian global masih belum pulih seperti halnya harga komoditas tersebut yang anjlok.

Beliau juga menuturkan bahwa harga komoditas tersebut akan memukul sistem perekonomian yang ada di Indonesia,  sehingga menjadi lebih bergantung pada bentuk barang komoditas mentah. Namun  hal ini juga masih bisa dikompensasi berkaitan dengan harga minyak dunia yang saat ini dinilai sebagai bonus serta intensif bagi perekonomian yang ada. Karena itulah peluang dari trend deflasi ini sangat penting untuk diperhatikan oleh para pengambil kebijakan yaitu pemerintah.

Deflasi

Berkaitan dengan deflasi, sebelumnya pihak BPS atau Badan Statistika Pusat melaporkan bahwa HIK atau harga indeks untuk konsumen yang ada pada bulan Februari 2016 mengalami deflasi hingga mencapai 0,09%. Dengan demikian, maka inflasi pun terjadi sekitar 1,42%. Sedangkan untuk inflasi yang terjadi dari tahun ke tahun selanjutnya itu berada dalam hitungan 4,42%.

Hal yang satu ini juga lebih dijelaskan oleh Bapak Suryamin sebagai Kepala BPS yang menyatakan bahwa komponen energi di tahun 2016 ini sudah mengalami deflasi hingga mencapai angka 2,04%. Sedangkan untuk inflasi komponen yang satu ini justru terjadi dalam hitungan 0,31%. Dengan hitungan tersebut, maka dapat diketahui bahwa inflasi komponen inti yang terjadi dari tahun ini ke tahun selanjutnya mencapai hitungan sebesar 3,59%.

Sementara itu, di sisi lainnya bentuk inflasi yang terlihat di awal tahun 2016, tepatnya pada bulan Januari lalu justru berada dalam hitungan 3,62% dari tahun ke tahunnya. Hal ini tentu saja membuktikan bahwa inflasi yang terjadi pada komponen inti mendapatkan bentuk pengendalian yang baik. Sehingga untuk trend deflasi yang mulai berkembang di Indonesia pun dapat ditangani dengan cara yang lebih baik pula. Demikianlah beberapa hal yang diungkapkan oleh Kepala BPS Suryamin dalam penjelasannya.

Trend Deflasi

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

Lihat 3 Hal Ini dan Terapkan Passion dalam Bisnis Anda!

Lihat 3 Hal Ini dan Terapkan Passion dalam Bisnis Anda! 0

Passion merupakan hal paling penting untuk dapat sukses dalam bisnis saat ini. Karena dengan passion atau

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *