Teropong Bisnis | Homepage
Penyebab Utama Masalah Keuangan

Penyebab Utama Masalah Keuangan

0 Comments 🕔04.Jun 2013

Gaya hidup masyarakat perkotaan memang cenderung sangat konsumtif. Seiring dengan perkembangan ekonomi global, biaya hidup untuk kebutuhan sehari-hari pun juga semakin tinggi. Hal ini diperparah lagi dengan gaya hidup masyarakat perkotaan yang semakin konsumtif. Karenanya, tak heran jika banyak orang yang mengalami masalah keuangan.

Sebagian besar masalah keuangan datang karena banyak orang yang tidak mampu membedakan kebutuhan dengan keinginan. Jika sudah demikian, jangan kaget jika pengeluaran Anda ternyata lebih besar dari pada gaji Anda per bulan.

Faktor Konsumerisme

Jika kita perhatikan, masyarakat sekarang memang sulit membedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Sebagai contoh, seorang pemuda yang kehabisan uang di akhir bulan. Dari pada membeli makanan, pria tersebut akan lebih memilih untuk membeli rokok. Pandangan lebih baik tidak makan dari pada tidak merokok ini tentu saja perlu diluruskan. Selain berdampak tidak baik untuk kesehatan, ini juga tidak baik untuk konsdisi keuangan.

Sementara itu, di lain pihak, perempuan juga cenderung memiliki permasalahan yang tak jauh beda dengan laki-laki. Jika laki-laki lebih tergiur membeli rokok, perempuan akan lebih senang membelanjakan uangnya untuk keinginan seperti membeli produk fashion, make up, atau koleksi-koleksi pribadi mereka yang juga menghabiskan uang tak sedikit.

Penyebab Utama Masalah Keuangan

Dosen Fakultas Ekonomi UI, Hilda Fachriza mengungkapkan beberapa penyebab utama sifat konsumerisme yang tinggi di kalangan masyarakat, terutama masyarakat perkotaan. Berikut ini adalah penyebab-penyebabnya:

1.  Tidak Memiliki Rencana Keuangan

Untuk menghindari sifat boros yang selalu melanda, ada baiknya jika Anda berpikir untuk membuat rencana keuangan. Memiliki anggaran untuk beberapa kebutuhan tertentu, seperti kebutuhan belanja sehari-hari, kebutuhan pulsa, laundry, kontrakan, atau juga hiburan. Jangan hanya berpikiran pendek untuk kesenangan sesaat.

2.  Malas Menabung

Jika memungkinkan, cobalah untuk menabung paling tidak 10 persen dari penghasilan Anda, ini akan sangat bermanfaat ketika Anda membutuhkan dana yang mendesak. Selain itu, Anda juga akan memiliki uang untuk berpiknik di akhir tahun.

3.  Kurangnya Pendidikan Manajemen Keuangan

Sifat konsumerisme yang berlebih terkadang muncul karena kurangnya pendidikan keuangan. Pendidikan keuangan tidak harus membuat Anda kaya raya, tetapi mampu untuk mengelola keuangan pribadi Anda agar terhindar dari masalah keuangan. Anda akan belajar cara-cara mengelola uang serta bagaimana membuat anggaran untuk kebutuhan Anda selama beberapa minggu ke depan. Ini akan sangat membantu Anda terhindar dari masalah keuangan.

4.  Kurang Memiliki Visi di Masa Mendatang

Sikap konsumerisme juga terkadang disebabkan oleh tidak adanya visi di masa depan. Setiap orang tentu harus memiliki rencana untuk masa depan mereka, entah itu membangun rumah, menikah, jalan-jalan ke luar negeri, atau berbagai hal lain. Ini akan membantu Anda untuk paling tidak menyisihkan sebagian dari penghasilan Anda untuk visi Anda di masa depan.

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *