Teropong Bisnis | Homepage
Nilai Tukar Rupiah Semakin Tidak Stabil

Nilai Tukar Rupiah Semakin Tidak Stabil

0 Comments 🕔24.Jun 2013

Nilai tukar rupiah semakin tidak stabil saja. Tekanan yang dialami oleh mata uang ini terus berlanjut. Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot saat ini telah menguat dengan jumlah sebesar 0,44 persen. Ini berarti harga rupiah tengan mengalami kenaikan dengan level 9.982 untuk satu dollarnya. Kurang sedikit lagi maka rupiah bisa mencapai angka 10.000. Analisis Pasar Keuangan dari Bank Mandiri, Rully Anrya WIsnubroto, mengemukakan bahwa The Federal Reverse atau bank sentral Ametika Serikat ingin mengurangi stimulus moneter yang terjadi hingga akhir 2013 nanti. Stimulus moneter memang harus segera dihentikan sebelum awal 2014. Jika tidak, maka kondisi rupiah akan bisa menjadi makin buruk.

Pasar Rupiah Makin Melemah

Keputusan dari The Fed untuk membuat kurs dollar menguat juga tentu saja membuat pasar rupiah makin melemah. The Fed memang memiliki hak untuk membuat kebijakan tertentu. Hal ini dikarenakan permasalah ekonomi yang sedang banyak terjadi saat ini. Untungnya, ada potensi bahwa nilai rupiah masih akan bisa menguat lagi. Pasalnya harga BBM nanti akan dinaikan. Dengan naiknya harga BBM diharapkan bisa membuat kurs dollar menjadi menurun. Nilai tukar dollar yang tinggi juga tentu saja bukan hal yang menguntungkan untuk dirasakan. Pasalnya banyak sekali produk dan layanan yang mematok nilai dollar. Jika nilai tukar rupiah terhadap dollar makin naik, para konsumen akan makin kesulitan untuk mencari produk atau layanan  yang mereka inginkan dengan harga yang terjangkau.

Nilai-Tukar-Rupiah-Semakin-Tidak-Stabil-1

Tekanan Rupiah akan Berlanjut hingga Pekan Depan

Saat ini Indonesia tengah menaikan outlook utang yang dimilikinya. Kondisi tersebut dipicu oleh sejumlah investor asing yang melihat adanya kondisi fiscal yang terjadi saat ini. Albertus Christian berpendapat bahwa tekanan rupiah akan semakin besar selama beberapa pekan ke depan. Analisis Monex Investindo Futures ini juga mengemukakan bahwa pasar akan segera melakukan langkah antisipasi agar masalah kenaikan kurs dollar tidak menjadi semakin berlarut-larut. Seiring dengan sudah disetujuinya akan kenaikan harga BBM, maka sudah pasti akan ada harapan untuk memperoleh solusi dari nilai rupiah yang lemah ini.

Para ahli ekonomi yang ada di Indonesia tengah mencari cara lain agar pemerintah tidak sampai melakukan langkah utang untuk mengatasi permasalahan ekonomi saat ini. Terkadang hutang menjadi solusi alternatif ketika tidak ada hal lain yang bisa dilakukan, tetapi sebisa mungkin hal ini harus dicegah. Masih ada cara untuk mengalokasikan potensi yang ada ke sektor lainnya. Rupiah dikabarkan akan mengingkat hingga level 10.100 rupiah, seperti yang diungkapkan oleh Albertus Christian. Tetapi, Rully memiliki prediksi lain, level rupiah nantinya akan bisa mencapai angka 9.972 untuk satu dollar ASnya. Prediksi tersebut tentunya juga berlandaskan beberapa faktor. Diharapkan saja kondisi rupiah saat ini bisa makin baik.

Nilai-Tukar-Rupiah-Semakin-Tidak-Stabil-3

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *