Teropong Bisnis | Homepage
Nilai Tukar Rupiah Membumbung Tinggi, Akankah Abadi?

Nilai Tukar Rupiah Membumbung Tinggi, Akankah Abadi?

0 Comments 🕔19.Feb 2014

Akhir tahun lalu dapat dikatakan sebagai momen kelabu perekonomian Indonesia. Bayangkan saja, tingkat inflasi yang melejit tinggi dan puncaknya, nilai tukar Rupiah mencapai lebih dari Rp. 12.000 per dollar AS. Akan tetapi, pada awal tahun 2014, angin segar bertiup ke pasar modal Indonesia. Rupiah perlahan tetapi pasti, menunjukkan tanda-tanda penguatan yang sangat signifikan.

Bloomberg mencatat penguatan Rupiah mencapai 3,3% sejak 10 Februari lalu. Kini Rupiah berada di level 11.785 per dollar AS, tercatat pada perdagangan, Senin 17 Februari 2014. Hal ini juga membuat indeks Relative Strength Index (RSI) menurun ke level 24, selama 14 hari yang menjadi level terendah sejak Mei 2011.

Memang, bila melihat kondisi diatas, dapat dikatakan perekonomian Indonesia semakin membaik. Pertanyaannya, apakah kondisi tersebut akan terus bertahan?

Menurut Kepala Riset Pasar Global di Bank Tokyo-Mitsubishi Sook Mei, penguatan nilai tukar Rupiah ini terjadi terlalu cepat. Oleh karena itu, Rupiah tidak mempunyai ruang lagi untuk menguat. Hal ini juga tampak pada pekan ini, dimana penguatan Rupiah berada pada level tertinggi.

Penguatan nilai tukar Rupiah ini banyak dipengaruhi oleh peningkatan kualitas transaksi berjalan Indonesia. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu dicermati disini.

rupiah, nilai tukar, keuangan, ekonomi

Adanya Pemilu tahun ini yang mungkin akan melahirkan beberapa kebijakan baru, berpotensi menghambat pergerakan nilai tukar Rupiah. Selain itu, ada beberapa larangan ekspor beberapa komoditas, juga dapat menjadi masalah. Bila masalah ini datang, maka neraca perdagangan Indonesia pasti akan terpengaruh. Hasilnya, bukan tidak mungkin kondisi perekonomian Indonesia akan kembali ke zona merah.

Seperti yang Anda tahu, tahun lalu, salah satu penyebab melemahnya nilai tukar Rupiah, bahkan hingga 21% adalah penarikan dana asing keluar dari pasar modal Indonesia. Hal ini sangat mungkin terjadi tahun ini, mengingat adanya Pemilu. Pelaku pasar dapat memandang pergantian pemerintahan ini sebagai kondisi yang tidak stabil. Dan, satu-satunya cara untuk menyelamatkan dana mereka adalah dengan menariknya dari pasar modal Indonesia.

Pemilu sendiri akan dilaksanakan pada bulan April, untuk pemilihan legislatif dan Juli untuk pemilihan Presiden. Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo juga belum pasti akan menjadi calon presiden dari partainya, meskipun dia menjadi paling favorit pada berbagai poling pilpres.

Bila hal tersebut terjadi, maka nilai tukar Rupiah akan semakin memburuk. Memang, bila melihat keadaan akhir tahun lalu, surplus perdagangan bulan Desember dapat mengurangi defisit transaksi berjalan. Hal ini pula yang mengangkat nilai tukar Rupiah.

Tetapi, jangan lupakan kebijakan larangan ekspor mineral mentah bulan lalu. Kebijakan ini memang digunakan untuk meningkatkan investasi smelter dan kilang di dalam negeri. Tetapi, dampaknya pada perkembangan sektor industri ini juga besar.

Hal diatas juga diamini oleh Nomura Holdings Inc dan Bank Tokyo-Mitsubishi UFJ Ltd. Mereka memandang, kebijakan tersebut dapat membawa masalah pada laporan perdagangan Indonesia pada akhir tahun ini.

 rupiah, nilai tukar, keuangan, ekonomi

BACA JUGA:

Dampak Terbesar Melemahnya Nilai Tukar Rupiah

Diperkirakan Inflasi Naik Akibat Cuaca Buruk

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *