Teropong Bisnis | Homepage
Nilai Tukar Rupiah Masih Dalam Tekanan

Nilai Tukar Rupiah Masih Dalam Tekanan

0 Comments 🕔18.Jun 2013

Nilai-Tukar-Rupiah-Masih-Dalam-Tekanan-2

Pada pekan ketiga bulan Juni ini, nilai tukar mata uang rupiah nampaknya masih akan terus diuji kekuatannya terhadap mata uang dollar AS. Tekanan tersebut datang dari sisi eksternal yang akan sangat berpengaruh pada posisi mata uang rupiah pada hari ini (17/6). Sebenarnya, pada akhir perdagangan pekan lalu, beberapa mata uang di Asia mulai memperkokoh posisinya, termasuk mata uang rupiah dan yen. Nilai tukar yen kemarin berhasil mendapatkan posisinya kembali menjadi 94,18 yen per USD sedangkan nilai tukar rupiah ditutup menguat pada angka Rp 9.8750 per dollar AS berdasarkan kurs tengah Bloomberg.

Penguatan Terjadi di Bursa Asia dan Bursa Jakarta

Pada penutupan bursa pekan lalu, bursa Asia termasuk salah satunya bursa Jakarta (IHSG) juga telah mengalami peningkatan. IHSG berhasil naik sebesar 3,2 persen sehingga menjadi berada di level 4.760,74. Sementara itu, bursa AS masih mengalami penurunan sebesar 0,7 persen. Walaupun demikian, bursa Eropa sebelumnya juga mengalami kenaikan. Bursa Eropa naik sebesar 0,21 persen pada akhir pekan. Imbas hasil obligasi TB 10 tahun juga masih mengalami penurunan yakni menjadi 2,129 persen.

Rupiah Masih Akan Terus Berubah

Menurut Lana Soelistianingsih, seorang ahli ekonom Samuel Sekuritas Indonesia memperkirakan pasar keuangan di Asia pada hari ini (17/6) terkoreksi mengkhawatirkan terhadap keputusan Bank Sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve atas stimulusnya. Selain itu, hal ini juga didukung oleh indeks future yang negatif. Sementara itu, untuk mata uang rupiah, nilai tukar rupiah kemungkinan masih belum banyak berubah dan masih dijaga ketat oleh Bank Indonesia. Bank Indonesia sampai saat ini masih terus berusaha untuk mengintervensi pasar untuk memperkokoh posisi nilai tukar rupiah. Dalam penjelasannya, Lana mengatakan bahwa untuk perdagangan harian, nilai tukar rupiah masih mampu menembus di atas Rp 10.000. Namun, rupiah juga memiliki kemungkinan ditutup pada harga Rp 9.870,- sampai Rp 9.890,- per USD.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Bank Indonesia untuk mempertahankan posisi rupiah adalah menaikkan suku bunga BI rate 25 basis poin sehingga menjadi sebesar 6 persen. Hal ini merupakan susulan kenaikan Fasbi sebesar 25 poin menjadi 4,25 persen. Kebijakan yang diambil oleh Bank Indonesia ini adalah preempetive policy untuk merespon ekspektasi inflasi yang masih terus meningkat dalam kondisi tekanan jual pasar global saat ini. Selain itu, Bank Indonesia juga masih akan terus melakukan upaya untuk menstablikan nilai tukar rupiah. Hal ini perlu dilakukan sampai koreksi di pasar Asia reda dan indeks future nya juga mulai variatif. Jika pasar Asia mulai variatif, maka kemungkinan nilai tukar rupiah juga sedikit akan mengalami penguatan namun tentunya tetap masih akan dijaga oleh Bank Indonesia.

Nilai-Tukar-Rupiah-Masih-Dalam-Tekanan-3

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *