Teropong Bisnis | Homepage
Menyiasati Naiknya Harga BBM

Menyiasati Naiknya Harga BBM

0 Comments 🕔20.Jun 2013

Isu kenaikan harga BBM ibaratnya memang sudah menjadi momok bagi banyak orang karena kenaikan harga BBM tidak hanya berkaitan dengan naiknya biaya transportasi melainkan juga naiknya harga bahan kebutuhan. Wacana kenaikan harga BBM sudah dilontarkan pemerintah sejak lama dengan alasan inefisiensi subsidi. Hal ini terjadi karena bahan bakar bersubsidi khususnya premium justru lebih banyak digunakan oleh mereka yang mampu bahkan mereka yang mampu membeli kendaraan mewah pun justru memilih bahan bakar bersubsidi padahal seharusnya mereka menggunakan bahan bakar non subsidi. Kenaikan harga bahan bakar ini dilakukan karena upaya sebelumnya untuk mengontrol penggunaan bahan bakar terutama bahan bakar bersubsidi tidak menunjukkan hasil yang diharapkan. DPR sendiri sudah menyetujui RAPBN Perubahan 2013 yang berarti harga BBM pasti dinaikkan meskipun masyarakat masih menunggu pengumuman resminya. Nah, mengingat harga BBM sudah pasti naik, tentu ada banyak penyesuaian yang harus dilakukan dalam hal penataan keuangan agar naiknya harga BBM tidak mengakibatkan masalah keuangan yang fatal.

Menyiasati-Naiknya-Harga-BBM-2

Cara Menghindari Masalah Keuangan

Daripada was-was memikirkan harga BBM yang sudah pasti naik, sebaiknya Anda meninjau kembali pengeluaran Anda sehingga Anda masih tetap bisa memenuhi kebutuhan meskipun harga BBM dan mungkin harga kebutuhan lainnya akan naik. Beberapa pos yang tidak terlalu krusial bisa dikurangi untuk mengurangi pengeluaran. Mungkin ada baiknya Anda juga segera mencari penghasilan tambahan jika penghematan pengeluaran dirasa tidak akan membantu banyak untuk mengatasi masalah keuangan akibat kenaikan harga BBM. Jika Anda cukup sering makan di luar, And sebaiknya memulai kebiasan untuk membuat makanan sendiri termasuk membawa bekal agar pengeluaran keluarga bisa lebih dihemat. Kendaraan yang hemat BBM juga sebaiknya digunakan. Anda bisa memilih sepeda karena selain lebih hemat, Anda juga bisa sekaligus berolahraga.

Pengaturan Pengeluaran

Banyak orang yang khawatir bahwa nantinya gaji mereka hanya akan numpang lewat di rekening terlebih setelah harga BBM benar-benar naik. Uang gaji yang dianggap sekedar numpang lewat di rekening sebenarnya tidak masalah asalkan ada uang sisa dan investasi termasuk cicilan rumah. Namun demikian, tentu sangat penting bagi Anda untuk lebih mempertimbangkan masalah pengeluaran saat harga BBM naik. Anda harus memilah kembali antara kebutuhan dan keinginan karena banyak orang yang menghabiskan sisa uang selain kebutuhan untuk memenuhi keinginan mereka yang mungkin jauh lebih besar daripada kebutuhan. Pengorbanan memang harus dilakukan dengan mengurangi kebutuhan sekunder atau mengubah konsep pemenuhan kebutuhan sekunder misalnya dengan mengganti kunjungan ke gym dengan jogging di sekitar rumah atau mengganti kendaraan pribadi dengan kendaraan umum atau sepeda. Tentu Anda juga perlu menghitung ulang kebutuhan primer sehingga Anda benar-benar mengeluarkan uang yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Satu hal yang pasti, masyarakat sebenarnya tidak perlu terlalu panik dengan kenaikan harga BBM karena toh mereka juga akan belajar menyesuaikan diri dan mengatasi masalah keuangan yang mereka alami.

Menyiasati-Naiknya-Harga-BBM-4

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *