Mengelola Keuangan Usaha

Teropong Keuangan, Tips and Tricks
Mengelola Keuangan Usaha

Seringkah Anda mendengar para pebisnis yang mengeluh jika penghasilan yang didapat dari usahanya tersebut selalu habis bahkan sebelum ada kesempatan untuk ditabung? Mungkin ini hal yang cukup umum Anda dengar apalagi jika Anda berada di lingkungan usaha yang cukup terbuka namun satu hal yang perlu Anda khawatirkan jika Anda sendiri adalah seorang pengusaha.

Jangan pernah biarkan hal tersebut terjadi pada diri Anda karena ini hanya akan merugikan diri Anda dan usaha Anda sendiri. Disinilah letak pentingnya Anda belajar mengenai ilmu keuangan. Bukan hanya untuk usaha Anda sendiri ilmu ini akan sangat berguna tetapi juga untuk keuangan pribadi Anda yang barang tentu juga berkaitan erat dengan keuangan usaha baik usaha Anda dalam bentuk micro maupun macro.

Hal yang Dihadapi Para Pengusaha

Mungkin banyak para pengusaha berpikir kembali kemana larinya uang-uang yang didapat dari bertumpuk-tumpuk proyek yang berhasil ditangani oleh perusahaan mereka. Semua pengusaha berharap supaya semua usahanya berjalan dengan lancar sehingga mereka dapat menikmati hidup yang enak dan sejahtera meski sedang sepi proyek. Namun ternyata kenyataan berkata lain jika yang terjadi malah Anda sendiri tidak tahu kemana uang dari hasil proyek tersebut melayang.

Mengelola Keuangan Usaha

Hal ini pasti sering dialami oleh banyak para pengusaha apalagi pengusaha yang baru saja merintis karir mereka. Pada awal usaha, bisa dipastikan jika uang akan selalu habis karena Anda belum bisa membedakan uang untuk usaha dan uang pribadi sehingga seringnya uang usaha digunakan untuk kepentingan keluarga. Dan yang paling memperburuk keadaan adalah jika Anda sangat sering lupa untuk mencatat seluruh kegiatan dan juga transaksi dalam usaha Anda padahal ini adalah hal pokok yang harus menjadi rutinitas para pengusaha baik pengusaha kecil maupun pengusaha besar.

Tips Mengelola Keuangan Usaha

Jika Anda ingin usaha Anda lancar dan keuntungan yang didapat juga aman, berikut ini kami sajikan beberapa tips mengenai cara mengatur keuangan usaha Anda. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan porsi keuangan Anda. Dengan demikian, pembukuan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan apalagi untuk keuangan bulanan karena Anda perlu menetapkan gaji karyawan, operasional perusahaan dan masih banyak hal-hal detil lagi yang perlu Anda perhatikan dalam pembukuan. Patokan yang pasti akan sangatlah membantu Anda dalam pembukuan.

Mengelola Keuangan Usaha

Tips kedua adalah mengenai pembuatan rekening. Sangat kami sarankan jika Anda memisahkan antara rekening pribadi dan juga rekening usaha sehingga pengelolaannya akan lebih mudah dan lalu lintas keuangan usaha juga akan lebih bisa terlacak dengan cepat. Dan tips yang paling utama adalah untuk mendisiplinkan diri Anda karena jika berasal dari pribadi Anda sendiri, akan akan lebih mudah.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Be Sociable, Share!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *