Teropong Bisnis | Homepage
Langkah-Langkah Menghindari Penumpukan Hutang

Langkah-Langkah Menghindari Penumpukan Hutang

0 Comments 🕔10.May 2013

Tidak pernah ada orang yang mampu tidak berhutang uang kepada orang lain, meski sebetulnya seseorang bisa mengelola utangnya dengan baik supaya tidak terus bertambah. Tentu saja ada banyak orang yang bisa berhutang kepada pihak lain, seperti bank atau non-bank. Di zaman ini, orang bisa dengan mudah berhutang lewat perusahaan finansial tertentu yang menawarkan online loan.

Siapa saja bisa berhutang, termasuk pengusaha yang membutuhkan modal untuk membangun bisnisnya. Tetapi sekali lagi, Anda mungkin perlu mengelola hutang dengan bijak supaya tidak terus bertumpuk dan mengakibatkan kebangkrutan. Tentu saja Anda tidak ingin mewarisi kebobrokan kepada anak maupun istri Anda bukan? Oleh karena itu artikel ini akan memberikan sedikit tips tentang bagaimana mengelola hutang dengan baik, cermat, dan efisien.

Mengelola Hutang dengan Cermat Sambil Mengindari Tumpukan Hutang

Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  • Pastikan bahwa Anda memiliki penghasilan untuk membayar hutang Anda. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari ketidakmampuan membayar hutang. Selalu hitung rasio penghasilan Anda dengan ratio hutang yang sanggup Anda tanggung. Jangan sampai hutang menjadi lebih besar daripada penghasilan pribadi.
  • Jika Anda berhutang kepada bank dan Anda tidak sanggup membayar hutang sesuai dengan tenggat waktu yang dibebankan, maka jalan yang paling baik adalah meminta penjadwalan ulang pembayaran hutang. Jangan coba-coba berhutang lagi kepada pihak lain untuk membayar hutang Anda kepada bank karena cara-cara semacam itu biasanya beresiko. Bicarakan kepada bank tentang kemungkin penjadwalan hutang, keringanan, dan pengubahan skema hutang Anda.
  • Beberapa orang mungkin terobsesi kepada barang tertentu dan mereka memutuskan untuk berhutang supaya bisa membeli barang yang diinginkan. Jika Anda termasuk orang yang demikian, maka usahakan untuk mengendalikan obsesi dan nafsu Anda.
  • Buatlah jadwal pembayaran hutang dengan cermat sambil memperhitungkan kemampuan finansial Anda. Misalnya, jika tiga bulan Anda harus membayar cicilan hutang sebanyak tiga juta rupiah, maka Anda harus menyediakan uang dari sekarang. Pada jangka waktu tersebut, jangan mengambil hutang lagi dari pihak lain atau Anda akan mengacaukan perhitungan yang telah Anda buat dengan susah payah.
  • Jangan mengambil kredit barang-barang mewah jika rasio penghasilan Anda tidak memungkinkan untuk membayar kredit yang nantinya dibebankan.
  • Kendalikan pemakaian kartu kredit Anda. Jangan mudah menggeseknya untuk membeli barang-barang tidak berguna yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.
  • Jika Anda memiliki suami/istri, maka selalu berkonsultasi tentang keuangan kepada pasangan Anda. Istri/suami Anda bisa mengerem keinginan untuk menumpuk hutang. Beban hutang tidaklah lebih berat dibandingkan jika Anda harus menanggung beban psikologis karena tidak menceritakan hutang Anda kepada pasangan hidup anda.

Lakukanlah Manajemen Keuangan yang Baik

Intinya adalah Anda harus bisa mengatur manajemen keuangan dengan baik demi menghindari penumpukan hutang. Anda mungkin mesti berhutang kepada pihak lain dan tidak ada seorangpun yang bisa menanggung semuanya sendirian, namun Anda mesti ingat bahwa tips-tips yang disebutkan di atas sesungguhnya bisa membantu Anda menghindari masalah akibat menumpuknya hutang.

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *