Teropong Bisnis | Homepage
Laba Indofood Menurun Di Kuartal Pertama

Laba Indofood Menurun Di Kuartal Pertama

0 Comments 🕔01.May 2013

Bisnis yang berjalan tidak akan terus berada di atas. Keuntungan yang didapatkan dari bisnis yang dijalankan pasti akan berpengaruh dengan kesuksesan bisnis tersebut. Banyak orang yang mengira bahwa sebuah perusahaan besar akan selalu mendapatkan keuntungan atau laba yang tinggi setiap saat. Hal ini tidak benar karena sebesar apapun bisnis pasti pernah mengalami kerugian dan penurunan keuntungan juga. Salah satu perusahaan ternama dan dikenal sukses adalah PT Indofood Sukses Makmur.

Perusahaan yang memproduksi berbagai macam produk makanan instan dan makanan ringan ini ternyata mengalami penurunan laba pada kuarta pertama di tahun 2013 ini. Pada akhir April kemarin, pihak Indofood mengumumkan penurunan laba bruto sebesar 5,1 persen. Pada kuartal pertama tahun ini, keuntungan yang didapatkan sebesar 3,11 triliun. Jumlah ini menurun dibandingkan dengan keuntungan pada kuartal pertama pada tahun lalu yaitu sebesar 3.27 triliun.

Penyebab laba menurun

Menurut Direktur Utama dan CEO Indofood Anthoni Salim, marjin laba yang sebelumnya 27,7 persen menurun menjadi 24,2 persen akibat menurunnya kinerja Grup Agribisnis. Turunnya kinerja Grup Agribisnis sangat berpengaruh dengan menurunnya jumlah laba yang didapatkan. Semakin meningkatnya biaya operasional yang dikeluarkan oleh perusahaan. Adanya saham di Cina Minzhong Food Corporation Limited juga menjadi penyebab dari pengurangan laba yang didapatkan oleh Indofood. Harga bahan pokok yang tidak menentu menjadikan pengeluaran yang dikeluarkan pada setiap masa produksi.

Sebagai salah satu perusahaan yang banyak menyediakan berbagai macam kebutuhan masyarakat, Indofood berkomitmen untuk terus menyediakan berbagai macam produk berkualitas dan aman untuk semua konsumen. Selama masa kuartal pertama di tahun ini, marjin laba bersih yang didapatkan menurun. Jika pada periode yang sama tahun lalu laba bersih sebesar 6,9 persen, pada tahun ini menjadi 5,6 persen. Selain itu untuk Core profit yang sebelumnya sebesar Rp805,6 miliar diketahui menurun sebesar 7,6 persen menjadi Rp744,0 miliar.

Sektor lain yang mengurangi kerugian

Adanya peningkatan pada Grup CBP dan Bogasari, dan juga dengan penyertaan Indofood pada China Minzhong Food Corporation Limited diakui mampu sedikit mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh menurunnya kinerja Grup Agribisnis. Selain hal itu, perusahaan ini juga mencatat penjualan neto konsolidasi selama kuartal pertama tahun 2013 sejumlah Rp12,86 triliun. Jumlah ini ternyata meningkat dari jumlah pada periode yang sama pada tahun yang lalu yaitu sebesar Rp11,83 triliun.

Grup CBP menyumbang 45 persen dalam neto konsolidasi tersebut. Bogasari juga menyumbang sebesar 26 persen. Grup Agribisnis dan Distribusi menyumbang masing-masing 21 persen dan 8 persen. Penerapan strategi bisnis yang dinamis dan sesuai dengan model bisnisnya, Indofood berusaha untuk tetap meningkatkan pertumbuhannya. Diharapkan dengan strategi bisnis yang ada ini, Indofood akan bisa meningkatkan nilai perusahaan di masa yang akan datang.

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *