Teropong Bisnis | Homepage
Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

0 Comments 🕔14.Apr 2016

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun, dari sekian banyak jenis reksa dana, manakah yang paling tepat untuk Anda? Dari sekian banyak jenis reksa dana, mungkin Anda tertarik untuk menggunakan reksa dana pendapatan tetap.

Seperti namanya, jenis reksa dana ini dapat memberikan Anda pendapatan tetap. Namun, bukan berarti semua reksa dana pendapatan tetap mempunyai fasilitas ini. Dapat dikatakan, hanya beberapa produk reksa dana pendapatan tetap saja yang memberikan pembagian dividen bulanan kepada investornya. Sebagian besar produk reksa dana pendapatan tetap menggunakan dividen yang dihasilkan untuk mengembangkan investasi ini.

Contoh produk reksa dana pendapatan tetap adalah Panin Dana Utama Plus 2 dan Panin Dana Pendapatan Bekala. Untuk produk Panin Dana Utama Plus 2, kupon yang diterima akan diinvestasikan kembali. Sedangkan Panin Dana Pendapatan Berkala memberikan dividen secara bulanan. Dari hal ini saja, Anda dapat memilih jenis investasi reksa dana yang ingin Anda gunakan.

Tapi, untuk memilih antara dua jenis produk tersebut, Anda harus mengetahui resiko dan kebutuhan Anda. Untuk Anda yang hanya ingin berinvestasi dalam jangka waktu pendek, yaitu antara 1 hingga 3 tahun, maka investasi yang menginvestasikan kembali dividen adalah pilihan terbaik. Modal yang Anda tanamkan akan dapat berkembang dalam periode ini, dan pada saat periode berakhir, Anda mendapat keuntungan.

Sedangkan untuk model investasi reksa dana yang mengembalikan dividen per bulan, maka sangat cocok untuk investasi jangka panjang. Biasanya, investasi ini sangat sesuai untuk Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan saat pensiun.

Dari sisi keuntungan, investasi reksa dana pendapatan tetap memang tidak sebesar reksa dana saham. Tetapi, resikonya yang kecil dapat menjadi keunggulan yang dapat Anda peroleh. Meskipun begitu, investasi ini juga dipengaruhi oleh berbagai faktor yang dapat menyebabkan terjadinya fluktuasi harga. Resiko fluktuasi harga ini termasuk dalam resiko investasi reksa dana pendapatan tetap, selain resiko gagal bayar dan resiko likuiditas.

Resiko fluktuasi harga biasanya terjadi karena adanya perubahan tingkat inflasi. Saat inflasi tinggi, maka suku bunga naik dan harga obligasi turun. Saat inflasi rendah, yang terjadi adalah sebaliknya, dan nilai investasi Anda dipengaruhi oleh harga obligasi ini.

Resiko likuiditas muncul saat Anda kesulitan untuk mencairkan investasi Anda. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh jenis obligasi yang digunakan. Obligasi Pemerintah biasanya lebih mudah dicairkan, tetapi harganya fluktuatif. Sedangkan obligasi korporat, harganya stabil, tetapi sulit untuk dijual.

Dan, resiko gagal bayar terjadi karena perusahaan penerbit obligasi tidak dapat memenuhi kewajiban pembayaran kepada investor. Namun, hal ini berpeluang terjadi pada obligasi korporat, sedangkan obligasi Pemerintah sudah diasumsikan tidak mungkin mengalami gagal bayar. Jadi, sekarang Anda siap untuk mencoba investasi reksa dana pendapatan tetap?

Investasi Reksa Dana

Similar Articles

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *