Teropong Bisnis | Homepage
Kebijakan Menaikan Suku Bunga Acuan 6,5% Dianggap Kurang Efektif

Kebijakan Menaikan Suku Bunga Acuan 6,5% Dianggap Kurang Efektif

0 Comments 🕔23.Jul 2013

Kini banyak orang yang mulai kritris terhadap kebijakan yang dikeluarkan oleh para petinggi negara Indonesia ini, khususnya kebijakan yang terkait dengan masalah ekonomi. Beberapa orang mengatakan bahwa kebijakan menaikan suku bunga acuan sebanyak 6,5% sebagai solusi terkait melemahnya rupiah merupakan hal yang salah. Hal ini jelas dikarenakan banyak sekali solusi lain yang sepertinya lebih baik untuk dilakukan ketimbang menaikan suku bunga. Dari hasil analisis terhadap nilai rupiah saat ini saja, ternyata mata uang kita tetap mengalami pelemahan, padahal nilai suku bunga sudah dinaikan, bukan? Seharusnya ini berimbas pada semakin menguatnya Rupiah. Tapi kok malah nilai rupiah masih saja melemah, bahkan dari hari ke hari pelemahannya semakin kuat.

Kebijakan-Menaikan-Suku-Bunga-Acuan-6,5-persen-Dianggap-Kurang-Efektif-5

Rupiah Tetap Melemah Meskipun BI Rate Dinaikan 6,5%

Reza Priyambada, Analisis Trust Securitis, mengatakan bahwa status nilai tukar rupiah saat ini sudah mencapai angka yang sangat tinggi. Satu dollarnya saja sudah dipataok 10.000 rupiah lebih oleh pemerintah AS. Hal ini tentu saja tidak sesuai dengan kebijakan pemerintah yang sebelumnya. Kebijakan Bank Indonesia dalam menaikan BI Rate tentu saja menjadi sebuah hal yang saat ini kian diperbincangkan karena nyatanya kebijakan ini tidak berarti apa-apa bagi perkembangan ekonomi Indonesia yang tidak juga mengarah ke arah yang positif. Bahkan Reza juga menambahkan bahwa naiknya BI Rate merupakan sesuatu yang sangat tidak efektif bagi pengangkatan rupiah yang sedang melemah pekan ini.

Pelemahan Nilai Rupiah Terjadi Akibat Pertumbuhan Ekonomi China yang Tidak Stabil

Ini juga disadari oleh hampir seluruh pelaku pasar yang mengatakan bahwa kebijakan BI dalam menaikan BI Rate merupakan sesuatu yang keliru. Para pelaku pasar terkait juga mengemukakan gagasan mereka bahwa perekonomian yang ada di Indonesia saat ini sedang bergerak melambat, dan diperkirakan akan mengalami perlambatan yang lebih parah lagi jika kebijakan yang tidak efektif terus dikeluarkan oleh pemerintah. Mereka juga mengatakan bahwa seharusnya pemerintah memikirkan terlebih dahulu apakah kebijakan yang dikeluarkannya itu baik atau tidak. Jika memang hasilnya hanya omong kosong saja dan berbau angin surga, dengan alih-alih bahwa ekonomi Indonesia akan makin bagus jika BI Rate dinaikan, atau harga BBM dinaikan, maka mereka harus konsekuen dengan apa yang dijanjikan tersebut. Jangan asal ambil kebijakan saja karena nantinya yang merugi adalah masyarakat banyak. Baik itu mereka yang berada di kalangan bawah maupun kalangan atas sekalipun juga akan terserang imbasnya.

Reza pun menyadari bahwa pelemahan yang terjadi pada Mata Uang Rupiah merupakan sebuah hal yang terjadi akibat adanya Sentimen Negatif dari global. Ini terkait dengan pertumbuhan ekonomi di Negara China yang ternyata hampir saat ini belum juga mencapai ekspektasi yang diharapkan. Maka dari itu, dampaknya pun merembet hingga mengakibatkan neraca perdagangan Indonesia menjadi tidak stabil. Mengapa? Hal ini jelas karena China merupakan negara tujuan ekspor paling tinggi untuk Negara Indonesia.

Kebijakan-Menaikan-Suku-Bunga-Acuan-6,5-persen-Dianggap-Kurang-Efektif-4

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *