Teropong Bisnis | Homepage
ISIS dan Bursa Saham AS Pekan Ini

ISIS dan Bursa Saham AS Pekan Ini

0 Comments 🕔10.Aug 2014

Pekan ini, bursa saham AS mengalami penguatan. Hal ini dikarenakan keputusan Pemerintah AS untuk menyerang ISIS di Irak. Juru Bicara hanya mengungkapkan adanya serangan ini pada daerah Irak Utara yang banyak dikuasai ISIS. Detail serangan dan hasil yang mereka dapat belum disampaikan sepenuhnya.

Jumat yang lalu, setelah serangan udara militer AS di Irak, pelaku pasar melakukan aksi beli di pasar yang tengah berada pada kondisi oversold (jenuh jual). Hal ini mendorong terjadinya penguatan di bursa saham AS.

Tercatat, Indeks Dow Jones Industrial Average menguat 1,13 persen atau 185,66 poin menjadi 16.553,93. Indeks S&P 500 menguat 1,15 persen atau 22,02 poin menjadi 1.931,59. Indeks komposit teknologi Nasdaq, juga menguat sebesar 0,83 persen atau 35,93 poin menjadi 4.370,90.

Menurut Tom Cahill, ahli strategi portofolio dari Ventura Wealth Management, penguatan ini terjadi hanya sementara. Karena terjadi oversold dalam jangka pendek, banyak pelaku pasar merasa bahwa bursa saham AS sudah bangkit.

Menurut Michale James, direktur pelaksana perdagangan saham di Wedbush Securities, pelaku pasar saat ini sedang dalam mental positif. Tidak ada kekhawatiran di pikiran mereka, meskipun ada kemungkinan bursa saham AS akan mengalami tren negatif.

Nilai beberapa saham juga terangkat dengan adanya aksi beli ini. Berikut beberapa diantaranya:

  1. McDonald

McDonald mengalami penguatan 0,3 persen. Hal ini berbanding terbalik dengan penurunan penjualan global mereka pada bulan Juli sebesar 2,5 persen. Di Asia sendiri, McDonald juga mengalami penurunan penjualan sebesar 7,3 persen, setelah ada laporan mengenai penggunaan daging yang tidak aman di China.

  1. Amazon

Saham Amazon juga menguat 1,7 persen. Hal ini terjadi setalah adanya permintaan dari 900 penulis di website ini untuk menyelesaikan masalah dengan Hachette, mengenai masalah harga buku.

  1. Tekmira Pharmaceuticals

Saham Tekmira Pharmaceuticals juga naik sebesar 45,1 persen. Hal ini terjadi setelah adanya keputusan pejabat AS mengenai penggunaan obat produksi perusahaan ini untuk mengatasi virus Ebola.

  1. Gap

Saham Gap menguat 5,9 persen. Dengan meningkatnya penjualan pada bulan Juli sebesar 2,0 persen dan proyeksi laba kuartal kedua yang mencapai 73-74 sen per saham, perusahaan ini berhasil melebih ekspektasi analis. Bahkan, kenaikan ini 66 persen lebih tinggi dari prediksi.

Meskipun beberapa saham mengalami penguatan, terdapat pula beberapa saham yang mengalami pelemahan. Salah satunya adalah Zynga. Perusahaan pengembang game sosial ini mengalami pelemahan sebesar 1,4 persen. Hal ini terjadi setelah rilis laporan mengenai kerugian mereka pada kuartal kedua sebesar 62,3 juta Dollar AS, lebih besar dari tahun lalu yang hanya 15,8 juta Dollar AS.

Meksipun terjadi penguatan pada bursa saham AS, namun secara umum nilai saham-saham AS pekan ini lebih rendah. Selain karena serangan AS ke Irak sejak 2011, krisis Ukraina juga menjadi salah satu penyebabnya.

3.ISIS dan Bursa Saham AS Pekan Ini 2

Baca Juga :

Perdagangan Saham AS Mengalami Naik Turun Pasca Serangan Israel Ke Gaza

Bursa Saham Asia Bergejolak Menanti Rilis The Fed

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *