Teropong Bisnis | Homepage
Ini Dia Trik RI untuk tidak Gagal Bayar Utang Luar Negeri

Ini Dia Trik RI untuk tidak Gagal Bayar Utang Luar Negeri

0 Comments 🕔07.Aug 2014

Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah utang luar negeri yang cukup banyak. Pemerintah Indonesia sendiri mengingatkan bahwa Indonesia sebaiknya bersikap waspada terhadap dampak vonis gagal bayar bunga utang Argentina (default) kepada pihak pemegang obligasi. Tindakan antisipasi wajib dilakukan meskipun dampak yang dimaksud hingga kini belum berpengaruh terhadap kondisi perekonomian Indonesia. Bambang Brodjonegoro selaku wakil menteri keuangan (Wamenkeu) mengatakan bahwa kasus default Argentina  muncul karena adanya pembekuan pembayaran bunga utang yang ditujukan pada pihak yang menberikan investasi (investor). Pembekuan pembayaran bunga utang ini dilakukan atas perintah pengadilan negara Amerika Serikat.

Wakil Menteri Keuangan juga mengatakan bahwa Indonesia harus waspada terhadap kasus yang menimpa negara Argentina ini. Indonesia juga wajib waspada akan sentiment masyarakat global akibat adanya kasus default Argentina ini. Wamenkeu memandang bahwa sebenarnya Argentina tidak menunjukan tanda-tanda gagal membayar bunga utang pada pihak investornya. Kasus default yang menimpa negara Argentina ini bukanlah kasus yang terjadi akibat  isu makro, melainkan akibat masa lalu yang pernah dialami oleh negara Argentina. Keterangan ini beliau sampaikan melalui pesan singkat (SMS) yang dikirimkan pada pihak Liputan6.com pada hari Rabu, 6 Agustus ini. Wakil Menteri Keuangan juga menambahkan bahwa  kegagalan Argentina untuk membayarkan bunga utang pada pihak investor belum memberikan pengaruh yang berarti terhadap utang luar negeri Indonesia. Dengan kata lain, utang luar negeri Indonesia masih berada di level yang aman.

Namun demikian, Bambang menghimbau pada pemerintah untuk dapat mengambil langkah antisipasi terhadap kasus gagal bayar bunga utang Argentina ini dengan tujuan agar kasus yang sama tidak menimpa  negara Indonesia. Bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan tidak melakukan tindakan-tindakan diskriminatif terhadap pihak-pihak pemberi kredit yang berminat meminjamkan kredit pada pemerintah Indonesia serta pemerintah wajib menjaga dasar makro khususnya bagian fiscal sustainability, tambah Bambang. Dengan mengaplikasikan cara ini, Indonesia dapat terhindar dari kasus default seperti yang kini tengah dialami oleh negara Argentina.

Jika default terjadi di Indonesia, sudah pasti akan berdampak tidak baik terhadap perekonomian tanah air. Bunga utang semakin besar karena tidak segera dibayarkan. Dampak lainnya yaitu pembatasan pembelanjaan negara untuk kebutuhan-kebutuhan dalam negeri baik untuk kebutuhan pemerintahan  maupun kebutuhan masyarakat. Akibat gagal bayar utang, Argentina kini sulit bangkit. Dampak gagal utang argentina pun meluas hingga ke negara-negara lainnya. Meski dikatakan belum pengaruhi kondisi perekonomian Indonesia, kasus gagal bayar utang Argentina berhasil menekan nilai mata uang Rupiah dan IHSG. Akibatnya banyak investor yang menamankan modalnya di Indonesia merasa panik. Dampak lainnya yang terlihat yaitu menyusutnya nilai asset Bank of New York yang mencapai 52 persen. Tentu saja kasus ini merugikan banyak investor.

3. Ini Dia Trik RI untuk tidak Gagal Bayar Utang Luar Negeri 2

Baca Juga :

Saat Sektor Keuangan Terkoreksi, Bagaimana Cara Reoptimasi Investasinya

Yuk Simak Kiat Mensiasati Kesulitan Anggaran Dalam Rumah Tangga

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *