Teropong Bisnis | Homepage
Data Bocor, OJK Siapkan Sanksi Berat

Data Bocor, OJK Siapkan Sanksi Berat

0 Comments 🕔27.Aug 2014

Apakah Anda pernah mendapatkan SMS yang menawarkan kartu kredit? Atau, Anda dihubungi secara langsung oleh jasa penyedia layanan kartu kredit? Kejadian ini semakin sering terjadi akhir-akhir ini. Dan, kita semua pasti setuju, bahwa hal ini sangat mengganggu dan membuang waktu kita.

Ternyata, kejadian diatas dapat terjadi karena ada kerjasama antara perusahaan kartu kredit dengan bank tempat Anda menyimpan dana Anda. Ada beberapa bank yang membocorkan data Anda kepada perusahaan kartu kredit ini. Karena itu, mereka tahu dan dapat menghubungi Anda.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun melakukan tindakan untuk mencegah terjadinya kejadian seperti ini. Mereka sudah memperingatkan bank-bank atau lembaga keuangan yang memberikan data nasabahnya.

OJK mengungkapkan, hal ini sangat bertentangan dengan pasal 53 Peraturan OJK Nomor.1/POJK.07/2013. Aturan ini sudah berlaku sejak tanggal 6 Agustus 2014 yang lalu. Hukuman untuk lembaga keuangan yang membocorkan data ini cukup berat. OJK menyampaikan, bila ada lembaga keuangan yang melakukan hal ini, maka izin usaha Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) akan dicabut.

Hal ini dijelaskan oleh Sri Rahayu Widodo, Deputi Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen. Menurutnya, aturan ini tidak hanya terdapat pada peraturan OJK saja. Namun, Bank Indonesia juga sudah membuat peraturan yang sama. Oleh karena itu, akan ada sanksi yang tegas untuk para pelaku.

Akan tetapi, pemberian sanksi tidak serta merta dilakukan dengan pencabutan izin usaha mereka. Sanksi diberikan dimulai dengan pemberian peringatan. Bila masih terjadi, maka ada hukuman denda, pembatasan kegiatan usaha, usaha dibekukan hingga pencabutan izin usaha.

Menurut OJK, untuk mengatasi masalah ini, peraturan yang disebutkan diatas tidaklah cukup. Perlu juga ada kerjasama dari masyarakat. Oleh karena itu, OJK terus melakukan edukasi dan menyarankan agar masyarakat tidak terlalu mudah memberikan informasi kepada lembaga keuangan tertentu. Masyarakat disarankan agar lebih hati-hati dan teliti dalam melakukan hal ini.

Kasus ini juga terjadi bukan hanya karena ada lembaga keuangan atau bank yang membocorkan data nasabahnya. Tersebarnya data pribadi masyarakat juga dapat terjadi di berbagai tempat.

Contoh mudahnya adalah saat ada penarikan undian yang ada di mal-mal. Banyak masyarakat dengan mudahnya mengisi formulir dengan data pribadi mereka. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh lembaga keuangan yang tidak bertanggung jawab.

Mungkin, peraturan ini saja tidak akan cukup untuk mengatasi masalah ini. Akan lebih baik, bila ada peraturan yang memungkinkan kita untuk mengadukan masalah ini langsung ke OJK atau pihak yang berwenang. Dengan demikian, kontrol untuk peredaran informasi pribadi Anda tidak hanya berada di pihak OJK sebagai pengawas. Namun, Anda sebagai pengguna layanan lembaga keuangan tersebut juga dapat menjadi pengawas akan praktek nakal ini.

3.Data Bocor, OJK Siapkan Sanksi Berat 2

Baca Juga :

Aturan OJK Berlaku, Laba Bersih Bank Danamon Anjlok

Pro dan Kontra Iuran OJK

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *