Teropong Bisnis | Homepage
Dalam Jangka Panjang Rupiah Bisa Melemah Hingga Rp 10.650,00

Dalam Jangka Panjang Rupiah Bisa Melemah Hingga Rp 10.650,00

0 Comments 🕔19.Jun 2013

BI (Bank Indonesia) saat ini masih terus melakukan intervensi menghadapi nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar AS sehingga nilai tukar rupiah saat ini bertahan di kisaran Rp 9.880,- per USD. Lana Soelistianingsih, Analisis Samuel Sekuritas mengatakan bahwa investor saat ini memang masih terus mengkhawatirkan langkah terkait pemangkasan stimulus dari Bank Sentral AS, The Fed. Keadaan ini menyebabkan pasar modal menjadi kurang bergairah dan mengalami koreksi. Sementara itu, untuk sentimen di dalam negeri, Nurul Eti Nurbaeti selaku Head of Research and Analysis dari BNI menambahkan bahwa fokus pelaku pasar dalam negeri terfokus pada Rapat Paripurna DPR yang membahas persetujuan APBNP 2013 yang dijadikan sebagai landasan tentang kenaikan harga BBM. BI mencatat kurs tengah Jisdor (Jakarta Interbank Spot Dolar Rate) berada di kisaran antara Rp 9.881 per US dolar dan pergerakan hariannya berkisar di Rp 9.832 sampai Rp 9.930 per US dolar.

Rupiah Masih Berpotensi Melemah

Pergerakan nilai tukar mata uang rupiah terhadap US dolar masih memiliki potensi untuk menuju ke level pelemahan. Untuk jangka panjang, nilai tukar rupiah diprediksi masih akan terus melemah hingga ke level Rp 10.650,- per US dolar. David Cornelis, Head of Research KSK Financial Group mengatakan bahwa melemahnya nilai tukar rupiah ini bukan karena rencana kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak) bersubsidi. Jika diperhatikan dengan cermat, melemahnya rupiah hingga ke level terendah selama 5 tahun terakhir tidak banyak dipengaruhi oleh rencana kenaikan BBM tetapi lebih pada defisit neraca perdagangan.

Menurut David, Indonesia saat ini memang tengah mengalami defisit. Indonesia memerlukan sekitar 1 milyar US dolar tiap bulan agar nilai tukar rupiah tetap terjaga. Bloomberg mencatat nilai tukar rupiah ada di Rp 9.888 per US dolar dengan pergerakan harian antara Rp 9.878,- sampai Rp 9.946,- per US dolar.

Dalam-Jangka-Panjang-Rupiah-Bisa-Melemah-Hingga-Rp 10.650,00-2

BBM Naik Rupiah Menguat

Rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM nampaknya akan segera terwujud. Namun, akankah kenaikan ini membuat nilai tukar rupiah kembali menguat setelah melemah selama sepekan terakhir? Fauzi Ichsan, Ekonom Standard Chatered Bank mengungkapkan bahwa sebenarnya ada 3 hal yang harus dilakukan oleh pemerintah Indonesia agar nilai tukar rupiah menjadi stabil.

Pertama pemerintah memang perlu menaikkan harga BBM dalam rangka menaikkan kredibilitas pemerintah seperi disyaratkan oleh S&P dan Moody’s. Kedua, pemerintah Indonesia juga harus menaikkan suku bunga baik Fasbi maupun BI rate paling tidak 75 bps agar nilai rupiah kembali naik. Ketiga, BI harus terus mengintervensi pasar valuta asing walau hal ini sebenarnya akan memakan cadangan devisa. Menurut Fauzi, jika ketiga hal ini dilakukan, maka nilai tuakr rupiah pun diperkirakan akan menguat menjadi Rp 9.800 per US dolar di akhir tahun 2013.

Dalam-Jangka-Panjang-Rupiah-Bisa-Melemah-Hingga-Rp 10.650,00-3

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *