Teropong Bisnis | Homepage
Cerdas Finansial, Sukses Sekarang dan Masa Depan

Cerdas Finansial, Sukses Sekarang dan Masa Depan

0 Comments 🕔07.May 2013

Anda mungkin sering mengalami kekurangan uang di hari-hari menjelang akhir bulan. Tidak sedikit dari Anda mungkin harus rela meminjam uang dari teman atau keluarga demi agar dapat tetap makan di akhir bulan. Meskipun Anda merupakan seorang pegawai kantoran yang berpenghasilan tetap, kejadian seperti ini tidak mustahil terjadi. Di awal hingga pertengahan bulan Anda mungkin sangat menikmati hidup dan berbelanja sesuka hati. Namun menjelang akhir bulan, Anda berubah menjadi pegawai yang seperti pengangguran, tak memiliki uang untuk memenuhi kebutuhan.

Jika kondisi seperti ini Anda alami, mungkin Anda merupakan salah seorang yang kurang cerdas finansial. Anda mungkin pandai mencari uang namun Anda kurang cerdas dalam mengelola uang. Jika hal ini dibiarkan terus menerus terjadi, bisa jadi Anda tidak akan memiliki tabungan di hari tua. Bahkan untuk memiliki rumah dan mobil pun tinggal angan-angan saja.

Konsep Cerdas Finansial

Konsep cerdas finansial sebenarnya sangat sederhana. Jika Anda dapat mencapai konsep ini maka masa depan Anda terselamatkan. Dengan memenuhi rumus cerdas finansial, Anda dapat menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk berinvestasi. Adapun konsep cerdas finansial adalah jika pendapatan dibagi dengan pengeluaran hasilnya lebih dari satu.

Dengan rumus ini berarti Anda harus dapat mengontrol pengeluaran Anda agar selalu lebih kecil dari pemasukan Anda. Untuk mencapai kondisi ini dibutuhkan sikap yang cerdas dan bijak dalam membelanjakan uang yang Anda miliki. Memang tidak mudah untuk melakukannya, apalagi bagi Anda yang berpenghasilan pas-pasan atau mungkin memiliki banyak tanggungan seperti istri dan anak. Namun jika hal ini dilakukan dengan penuh kesabaran dan kearifan, tak mustahil Anda akan dapat berinvestasi dengan baik dan menjadi pribadi yang mandiri secara finansial.

Keuntungan Mengaplikasikan Cerdas Finansial

Dengan mengaplikasikan konsep cerdas finansial, Anda akan memiliki dua konsekuensi menguntungkan:

1. Anda akan dapat memenuhi kebutuhan Anda sendiri tiap bulannya. Jika Anda mampu memenuhi kebutuhan Anda sendiri tiap bulannya, hal ini menAndakan bahwa Anda cerdas dalam mengelola keuangan Anda. Namun jika Anda masih membutuhkan orang lain dlaam memenuhi kebutuhan Anda tiap bulannya, entah itu saudara atau keluarga lainnya, ini berarti ada yang salah dalam pengelolaan keuangan Anda. Berapapun gaji yang Anda terima tentunya selalu dapat Anda kelola dengan bijak.

2. Anda akan dapat berinvestasi untuk masa depan seperti menabung di bank, menyimpan logam mulia, dan sebagainya. Dengan berinvetasi, pendapatan per bulan yang Anda terima akan teramankan, tidak habis dalam sekali pakai. Investasi ini dapat Anda manfaatkan di kemudian hari untuk mencicil rumah, mobil, memenuhi kebutuhan anak, dan masih banyak lagi.

Jadi sudah jelas bukan bahwa kecerdasan finansial mutlak dibutuhkan untuk menyelamatkan pemasukan yang Anda terima saat ini dan menikmatinya di masa depan. Tak ada yang salah dari sikap berhemat, karena seperti pepatah mengatakan ‘Rajin Pangkal Pandai, Hemat Pangkal Kaya’.

Gambar: checkcity.com

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *