Teropong Bisnis | Homepage
Cara Menghemat Pengeluaran dalam Sepekan

Cara Menghemat Pengeluaran dalam Sepekan

0 Comments 🕔16.Aug 2013

Masalah keuangan selalu berujung pada akibat dari pengeluaran yang berlebih dan tak terkontrol. Dalam sepekan, gaji satu bulan kita bisa habis untuk berbagai keperluan yang tidak terlalu mendesak. Karenanya, perlu adanya siasat untuk menghemat pengeluaran dalam sepekan. Berikut ini adalah sepuluh cara mengendalikan pengeluaran agar keuangan Anda lebih sehat.

Cara-Menghemat-Pengeluaran-dalam-Sepekan-3

1.  Hemat tanpa Mengubah Gaya Hidup

Bijak dalam menggunakan uang berarti tetap bisa menikmati uang Anda dengan tetap menyempatkan untuk menabung. Anda tidak perlu mengubah gaya hidup Anda demi menabung. Anda masih bisa melakukan kebiasaan Anda. hanya saja, Anda perlu lebih bijak dalam mengeluarkan uang untuk anggaran yang lain.

2.  Menyusun Anggaran

Salah satu cara terbaik untuk menyusun anggaran adalah menentukan prioritas. Jika Anda sudah memiliki prioritas, Anda tidak akan menemui kesulitan menentukan berbagai hal untuk menyusun anggaran.

3.  Pandai Membuat Daftar  Belanja

Sesaat sebelum berbelanja, Anda sebaiknya menyusun daftar belanja terlebih dahulu. Ini untuk mencegah nafsu belanja Anda yang meledak ketika sudah sampai di supermarket. Pandai-pandailah membuat daftar belanja dengan menentukan prioritas.

4.  Belanja Cerdas di Supermarket

Belanja cerdas berarti Anda harus pandai-pandai memanfaatkan diskon dan berbagai penawaran yang dikeluarkan supermarket. Ada banyak diskon atau penawaran spesial dari supermarket yang bisa Anda manfaatkan untuk menekan pengeluaran belanja Anda. Namun, Anda sebaiknya berhati-hati dengan tanggal kadaluarsa bahan makanan.

5.  Membawa Bekal Makan Siang

Mulai sekarang, jangan malu untuk membawwa bekal makan siang. Percayalah, cara ini sangat efektif untuk mengurangi pengeluaran Anda untuk makan siang.

6.  Beli Barang Bekas Layak Pakai

Kebiasaan membeli barang baru sebaiknya ditinggalkan. Anda masih bisa mendapatkan barang bekas yang dijual dengan kualitas yang masih layak pakai. Anda bisa dengan mudah menemukan barang-barang ini di toko online.

7.  Perbanyak Bersepda, Kurangi Berkendara

Tanpa Anda sadari, kebiasaan tergantung dengan kendaraan bermotor atau mobil bisa juga menguras pendapatan Anda. untuk lebih berhemat bahan bakar dan juga biaya service kendaran, Anda sebaiknya membiasakan diri untuk bersepeda.

Cara-Menghemat-Pengeluaran-dalam-Sepekan-1

8.  Hemat Energi

Menghemat energi juga bisa menjadi langkah terbaik untuk menekan pengeluaran. Matikan lampu jika tidak perlu dan jangan menyalakan televisi sepanjang hari. Selain itu, penggunaan barang-barang yang tidak terlalu mendesak, seperti lampu taman, akuarium, atau pancuran juga bisa dikurangi frekuensinya.

9.  Menabung Sebelum Menggunakan Uang

Sebelum Anda menarik uang dari ATM, Anda sebaiknya menyisakan beberapa untuk ditabung. Jangan menabung dari sisa gaji Anda, tetapi anggarkan terlebih dahulu gaji Anda untuk ditabung.

10.  Melakukan Kebiasaan Baik untuk Masa Depan

Ada banyak kebiasaan baik yang bisa Anda lakukan untuk masa depan. Sebagai contoh, hidup hemat bukan berarti menunda untuk membeli barang-barang yang Anda inginkan, tetapi lebih memprioritaskan hal yang lebih penting.

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *