Teropong Bisnis | Homepage
Cara Menaikkan Harga Pasca BBM Naik

Cara Menaikkan Harga Pasca BBM Naik

0 Comments 🕔02.Jul 2013

Mungkin bisa dibilang kalau peristiwa naiknya harga BBM secara resmi adalah salah satu peristiwa terbesar tahun ini. Karena bisa dipastikan jika semua lapisan masyarakat baik itu masyarakat kecil, menengah, maupun atas pasti akan merasakan dampak atau imbas dari kenaikan harga BBM kali ini. Bagi para pengusaha, pasti ini bukanlah perkara yang mudah. Terang saja demikian karena mereka juga akan dihadapkan pada keputusan yang sulit dalam menghadapi kenaikan harga BBM ini sendiri. Banyak pengusaha yang menaikkan harga produk mereka sesaat setelah harga BBM dinaikkan. Malah ada juga yang memutuskan untuk menaikkan harga produk mereka jauh-jauh hari sebelum harga BBM naik. Pertanyaan yang muncul adalah tepatkah keputusan mereka?

Naikkan Harga, Keputusan yang Tepat

Sah-sah saja jika seorang pengusaha ingin menaikkan harga barang produksi apalagi setelah harga BBM resmi naik. Pengusaha mana yang ingin menanggung rugi? Karena jika kita ngotot untuk tidak menaikkan harga maka pasti kita harus cut budget sana-sini untuk mempertahankan usaha kita, padahal belum tentu juga omset penjualan bertambah. Sehingga solusi yang paling tepat tentu saja dengan menaikkan harga barang produksi kita dengan bijak dan tidak semena-mena. Dengan melakukan hal tersebut tentunya pelanggan pun tidak akan kabur.

Dengan menaikkan harga barang produksi, pengusaha dapat memberikan yang terbaik bagi konsumen karena konsumen sekarang ini sudah mulai pintar dalam memilih barang mana yang memiliki kualitas terjamin (untuk ke depannya) dan harga terjangkau. Jangan menjadi pengusaha yang menjual barang murahan tetapi jadilah pengusaha yang dapat memberikan nilai tambah untuk barang produksi yang dihasilkan. Konsumen pasti akan maklum dengan hal ini karena kenaikan harga yang Anda lakukan memang memiliki alasan yang masuk akal. Jika kita sebagai konsumen, tentu kita akan memilih barang dengan kualitas terbaik, harga terjangkau dan bukan kualitas rendah, harga murah bukan?

Cara-menaikkan-harga-pasca-bbm-naik-3

Tips Sederhana dalam Menaikkan Harga

Satu hal yang harus Anda ingat adalah jangan pernah menjelaskan alasan Anda menaikkan harga. Sebaliknya, Anda harus selalu menjelaskan segala keuntungan yang konsumen dapatkan jika memilih produk Anda karena sekarang ini banyak orang yang sudah tidak bisa ditipu dengan harga murah lagi. Anda berkompetisi dengan pesaing bisnis dalam hal kualitas serta layanan, dan bukan harga. Jadi harga haruslah menjadi hal terakhir yang ada di pikiran Anda ketika sedang menawarkan produk. Jika pelanggan belum menanyakan harga, jangan pernah singgung-singgung mengenai harga produk Anda.

Selain hal tersebut di atas, Anda juga dapat memberikan tenggat bagi konsumen. Misalnya saja memberikan pengumuman sebelum menaikkan harga. Ini tentunya akan sangat membantu pelanggan Anda untuk dapat menerima harga baru sehingga mereka tidak akan terlalu kaget.

Cara-menaikkan-harga-pasca-bbm-naik-2

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *