Teropong Bisnis | Homepage
BI Ungkapkan Kesiapan Hadapi Pelemahan Nilai Tukar Rupiah

BI Ungkapkan Kesiapan Hadapi Pelemahan Nilai Tukar Rupiah

0 Comments 🕔07.Jan 2016

BI (Bank Indonesia) menyampaikan bahwa pihaknya yakin bahwa BI masih mempunyai kekuatan untuk menjadikan rupiah kembali stabil. Ungkapan optimis ini didasarkan pada level cadangan devisa Indonesia yang dinilai masih cukup hingga akhir tahun 2016 mendatang. BI menginformasikan bahwa cadangan devisa hingga akhir tahun ini mencapai lebih dari 100 miliar dollar Amerika Serikat. Meski begitu, lembaga otoritas moneter ini akan terus memantau pergerakan nilai mata uang rupiah khususnya saat harga-harga komoditas menurun dengan signifikan. Agus D.W. Martowardojo selaku Gubernur Bank Indonesia menjelaskan bahwa secara umum nilai tukar rupiah terhadap mata uang dollar AS terlihat lebih stabil di tahun 2016 ini. Hal ini mungkin saja buah dari pernyataan yang disampaikan oleh pihak The Fed (Bank Sentral Amerika Serikat). The Fed merencanakan untuk menaikkan suku bunga di tahun 2016 ini.

Menurut Agus, rencana The Fed ini justru seolah memberikan kepastian bagi Indonesia. Hanya saja kedepannya Indonesia akan menghadapi tantangan dari tingginya harga minyak mentah yang sudah pasti akan berimbas pada harga komoditas-komoditas lain. Situasi ini dapat mendorong nilai mata uang dollar AS meningkat. Agus juga menambahkan bahwa Indonesia kini tengah bersiap akan adanya periode super dollar AS alias nilai tukar dollar yang begitu menguat. Terlebih saat ini Indonesia masih sangat bergantung pada sektor ekspor.

Dilansir dari Kompas.com, kurs tengah BI pada hari senin (4/ 1/2016), nilai tukar rupiah terlihat melemah sebesar 0,7 persen alias pada level Rp. 13.898 per dollar AS. Nilai tukar ini sungguh berbeda dengan nilai tukar rupiah akhir tahun lalu yang cenderung menguat pada level Rp. 13.795 per dollar AS. Dengan nilai rupiah yang berada di level Rp. 13.898 ini, cadangan devisa Indonesia yang tercatat masih lebih dari 100 miliar dollar AS. Agus menambahkan bahwa Indonesia masih memiliki ‘amunisi’ yang cukup untuk menjaga rupiah agar tetap stabil, alias ‘masih aman’, ujar Agus lagi.Sayangnya ketika ditanya oleh teman-teman wartawan soal rincian devisa negara hingga periode akhir tahun, Agus enggan menjelaskannya.

Bersumber dari data BI, hingga kuartal III tahun 2015, cadangan emas moneter masih sekitar 2,79 persen dari keseluruhan cadangan devisa, atau senilai dengan 2,84 miliar dollar AS. Special Drawing Right (SDR) menunjuk pada angka 2,43 persen atau setara dengan 2,47 miliar dollar AS. Cadangan devisa Indonesia sendiri yang tercatat di IMF berada pada level 0,2 persen atau setara dengan 204 juta dollar AS, sedang cadangan devisa lain sebesar 94,57 persen atau besarnya mencapai 96,2 miliar dollar AS.

Andry Asmoro, seorang ekonom senior dari Bank Mandiri, mengatakan bahwa volatilitas Rupiah kemungkinan besar masih terjadi di tahun 2016 ini, hanya saja frekuensinya terbatas. Tantangan juga akan terus datang, khususnya tantangan-tantangan global yang akan terus menekan stabilitas perekonomian Indonesia.

Nilai Tukar Rupiah

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *