Teropong Bisnis | Homepage
Beredar Isu Bank Tidak Sehat, OJK Langsung Membantahnya

Beredar Isu Bank Tidak Sehat, OJK Langsung Membantahnya

0 Comments 🕔11.Jun 2014

Dunia perbankan Indonesia pernah dihantam mimpi terburuk sepanjang sejarah, pada krisis 1998 yang lalu. Banyak bank yang ditutup atau dilikuidasi karena kondisi keuangan mereka yang tidak sehat. 10 tahun setelah krisis ini, atau pada 2008, Indonesia kembali dilanda krisis yang juga melanda banyak negara di dunia.

Tahun lalu, 2013, krisis kembali datang, namun tidak separah 2 krisis sebelumnya. Dan, dunia perbankan Indonesia sedikit banyak terkena pengaruhnya. Kini, setelah Indonesia berhasil melewati krisis 2013, banyak beredar kabar adanya bank tidak sehat. Namun hal ini langsung dibantah oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

OJK mengatakan saat ini tidak ada bank di Indonesia yang mengalami masalah diatas. Kalaupun ada, OJK pasti sudah melakukan antisipasi untuk mengatasi hal ini. Pernyataan ini juga disampaikan oleh Anggota Dewan Komisioner dari OJK dan Ketua Dewan Audit, Ilya Avianti.

Ilya mengatakan bahwa bank-bank di Indonesia tidak ada yang masuk dalam level tiga, empat atau lima. Bila ada bank yang masuk dalam kategori ini, OJK pasti sudah mengatasinya.

Kabar ini mungkin datang dari keputusan OJK kepada penguasa modal dari 7 bank di Indonesia. OJK memerintahkan mereka untuk melakukan penjualan sebagian saham atau divestasi. Keputusan ini berdasarkan kondisi kesehatan keuangan dari bank-bank ini.

Menurut Nelson Tampubolon, selaku Anggota Dewan Komisioner OJK dan juga Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan, keputusan divestasi dari OJK ini sudah sesuai. Hal ini dikarenakan, adanya pemegang saham yang melewati batas maksimum kepemilikan saham yang berlaku.

Karena ada masalah ini, Nelson menambahkan, maka bank-bank tersebut masuk dalam kategori tiga atau Cukup Sehat. Dan, karena masuk dalam kategori ini, maka langkah yang diambil OJK adalah divestasi. Tetapi, bukan berarti bank-bank ini termasuk dalam bank tidak sehat.

Keputusan divestasi OJK ini juga sesuai dengan peraturan yang berlaku. Peraturan yang digunakan disini adalah Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/8/PBI/2012 yang mengatur perihal Kepemilikan Saham Bank Umum. Peraturan ini mengatur tentang tingkat kesehatan dan juga tentang Good Corporate Governance atau GCG bank yang dibagi dalam Peringkat Komposit (PK) level tiga, level empat dan  level lima. Bank yang termasuk dalam kategori ini diwajibkan melakukan perbaikan kesehatan.

BI mewajibkan agar perbaikan harus dilakukan dalam waktu 3 semester sejak diberlakukannya aturan ini. Waktu 3 semester ini sudah habis sejak akhir 2013 yang lalu. Oleh karena itu, 7 bank yang masuk dalam kategori tiga ini harus melakukan cara lain yaitu divestasi. Cara ini dilakukan, agar bank kesehatan bank-bank tersebut membaik dan naik pada PK satu dan dua.

Untuk menjalankan cara perbaikan ini, OJK memerintahkan bank-bank ini untuk menyusun rencana yang matang agar proses divestasi dapat berjalan lancar. Nelson belum ingin menyebutkan nama dari bank-bank yang mendapatkan perintah divestasi dari OJK ini. Namun, beliau mengatakan bahwa bank-bank yang dikabarkan sebagai bank tidak sehat ini adalah bank yang memiliki modal tidak besar.

ojk, manageman keuangan, perbankan, saham, bank

BACA JUGA:

Curi Start, ATM Bank Muamalat dengan Chip Didalam

3 Dasar Penting yang Perlu Diperhatikan untuk Sukses Memancing Modal Bisnis

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *