Teropong Bisnis | Homepage
Belajar Mengatur Keuangan Perusahaan Sendiri

Belajar Mengatur Keuangan Perusahaan Sendiri

0 Comments 🕔01.Apr 2013

Jika Anda tilik lebih lanjut maka Anda akan mendapati bahwa mengelola keuangan perusahaan akan jauh berbeda dari mengelola keuangan pribadi yang sering kita lakukan sehari-hari. Yang membedakan keduanya adalah tanggung jawab dan juga disiplin dari pengusaha itu sendiri apalagi jika perusahaan tersebut sudah berskala besar yang berarti akan banyak nasib para pegawai dan keluarganya yang bergantung pada pengelolaan keuangan usaha Anda sehingga Anda harus benar-beanr berhati-hati serta lebih bijak dalam mengelola keuangan tersebut.

Untuk mengatur keuangan perusahaan, hal yang paling penting yang harus diperhatikan adalah arus keuangan Anda dan jika perusahaan Anda masih berskala menengah dan kecil maka yang paling pokok adalah agar Anda mampu memisahkan antara keuangan usaha dan juga keuangan pribadi karena sumber keuangan keduanya tentu saja berbeda. Dan berikut ini ada beberapa hal yang sangat perlu diperhatikan dalam mengelola keuangan usaha Anda.

Arus Uang yang Positif

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, arus uang yang positif adalah hal yang harus selalu dipertahankan. Jika Anda sebagai bos perusahaan, jangan segan-segan melakukan cross and recheck ke bagian keuangan sebagai satu unit kerja yang menjadikan sebuah perusahaan sebagai sesuatu yang solid. Pastikan jika mereka bekerja dengan baik, lakukan perhitungan dengan tepat sehingga tidak terjadi kebocoran pada sektor-sektor tertentu yang pasti akan menimbulkan masalah dikemudian hari. Hitung menghitung laba dan rugi di dunia usaha merupakan sesuatu yang sangat wajar dan pasti setiap pengusaha menginginkan hasil akhirnya adalah raba dan bukan rugi sehingga arus uang yang positif menjadi penting karena ini menandakan jika perusahaan Anda mendapatkan untung.

Namun bagaimana jika yang terjadi malah sebaliknya yaitu cash flow negative yang terjadi pada perusahaan Anda? Salah satu hal bisa Anda lakukan adalah biaya produksi maupun pos biaya lain yang memungkinkan untuk ditekan tetapi yang harus Anda ingat adalah jangan sekali-kali menurunkan kualitas produk maupun jasa yang Anda tawarkan karena hanya akan berimbas pada angka konsumen yang bisa Anda dapatkan.

Hal Penting Lain yang Patut Diperhatikan

Selain hal utama tersebut diatas, ada beberapa hal lain yang patut Anda perhatikan seperti penyediaan emergency fund yang pasti akan Anda perlukan suatu saat nanti. Asuransi perusahaan atau dalam hal ini tempat usaha yang juga berarti sebagai upaya proteksi terhadap pendapatan Anda juga menjadi satu hal yang patut dilakukan. Selain itu juga asuransi jiwa yaitu proteksi terhadap pengusaha yang bersangkutan yang menjadi sumber penghasilan dari perusahaan tersebut karena perusahaan tersebut tentunya tidak akan tumbuh dengan baik jika bukan karena pengusaha yang membanting tulang siang dan malam untuk memajukan perusahaan tersebut seorang diri jika merupakan perusahaan pribadi.

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *