Teropong Bisnis | Homepage
Tanggapan Pengusaha Atas Rencana Rilis Uang NKRI

Tanggapan Pengusaha Atas Rencana Rilis Uang NKRI

0 Comments 🕔16.Aug 2014

Kabar terbaru terkait dengan Bank Indonesia atau BI adalah kabar dikeluarkannya uang cetakan baru. Uang cetakan baru tersebut diberi nama uang Negara Kesatuan Republik Indonesia. Setelah dikeluarkannya uang NKRI ini, pengusaha mulai bereaksi.

Pengusaha mengharapkan bahwa kebijakan terbaru Bank Indonesia ini tidak hanya untuk mengimbangi defisit anggaran pemerintah saja. Hal ini diungkapkan oleh Sofjan Wanandi selaku Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia atau APINDO.

Menurutnya, jika pencetakan uang baru tersebut hanya karena pemerintah tidak memiliki cukup uang maka akan sangat berbahaya. Untuk mengatasi hal tersebut, Sofjan menyarankan agar Bank Indonesia tetap menjaga jumlah uang yang beredar di masyarakat sehingga cetakan uang NKRI ini tidak hanya digunakan untuk menggantikan uang lama yang sudah rusak.

Sebenarnya hal semacam ini sudah tidak asing lagi bahkan hampir semua negara melakukan solusi semacam ini untuk menggantikan uang lama yang sudah rusak. Kabar baiknya adalah, uang cetakan baru ini dikabarkan dibuat dengan teknologi terbaru.

Dengan teknologi terbaru tersebut uang baru ini memiliki kualitas yang lebih baik. Selain itu, uang cetakan baru RI ini akan lebih sulit untuk dipalsukan. Kembali lagi Sofjan mengingatkan bahwa modus pemalsuan uang juga semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Pemerintah diharapkan tetap waspada mengenai hal ini.

Tidak mustahli bahwa uang NKRI juga bisa dipalsukan. Isu hangat lainnya adalah terkait dengan redenominasi rupiah. Sofjan mengatakan bahwa redominasi ini memang akan membawa manfaat namun program tersebut dinilai belum sesuatu yang sifatnya mendesak. Tantangan program redenomimasi adalah sosialisasi yang sangat panjang.

Faktanya, sosialisasi program redenominasi bisa mencapai 3 tahun hingga 5 tahun. Menurutnya program tidak terlalu masalah jika hanya untuk penyederhanaan dan bukannya karena faktor keterdesakan.

Rencananya, uang cetakan baru ini akan diresmikan oleh Bank Indonesia dan Kementrian Keuangan tanggal 17 Agustus 2014 mendatang. Uang cetakan baru tersebut berupa uang pecahan Rp. 100.000.

Dengan adanya cetakan uang baru bukan berarti langsung mempengaruhi penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.  Alasan dicetaknya uang baru ini adalah agar masyarakat Indonesia lebih bersatu melalui arti uang tersebut.

Sayangnya, dari segi desain, uang NKRI terlihat mirip dengan uang lama yang sudah beredar. Perubahan yang paling mencolok adalah adanya tulisan NKRI di sebelah sisi kiri gambar kedua tokoh pahlawan.

Tulisan ini menggantikan tulisan BI yang ada pada uang lama. Selain itu ada pula pengamanan baru dengan warna kuning. Setelah diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2014 mendatang, masyarakat masih belum bisa mendapatkannya secara langsung.

Pihak bank umum harus menukarkan uang mereka ke Bank Indonesia terlebih dahulu. Hadirnya cetakan uang baru ini lebih kepada perayaan hari kemerdekaan Indonesia.

3.Tanggapan Pengusaha Atas Rencana Rilis Uang NKRI2

Baca Juga :

Menanti Lahirnya Uang Rupiah Baru

Uang NKRI Dibilang Palsu oleh BI

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *