Teropong Bisnis | Homepage
Rupiah Kembali Buat Rekor Baru

Rupiah Kembali Buat Rekor Baru

0 Comments 🕔28.Aug 2013

Kondisi perekonomian Indonesia memang sedang di ujung tanduk. Beberapa pakar ekonomi bahkan mengatakan bisa saja kondisi Indonesia berada seperti tahun 1998 dimana krisis moneter kembali terjadi. Hal ini yang sangat ditakutkan oleh masyarakat Indonesia. Indikator pelemahan ekonomi Indonesia tentu saja bisa kita lihat dari melemahnya rupiah terhadap dollar beberapa hari ini.

Bahkan Rupiah yang sebelumnya dikatakan membuat rekor baru selama 4 tahun terakhir dengan kisaran Rp 11.000 ternyata malahan membuat rekor baru di level Rp 11. 357 per USD. Ini adalah rekor terbaru dan terburuk selama pemerintahan SBY saat ini. Memang rupiah cenderung semakin melemah akibat tekanan dari perdagangan di AS.

Pergerakan Mata Uang Rupiah

Perdagangan rupiah kemarin dibuka dengan melemahnya rupiah di kisaran Rp 11.169. Rupiah memang masih dikisaran Rp 11.000 dan memang pada jeda makan siang rupiah kembali menguat dengan kisaran Rp 10.885 namun ternyata penguatan tersebut tidak lama terjadi. Di penutupan, rupiah justru melemah sangat tinggi dengan kisaran Rp 11.357 per USD.

Rupiah memang dikabarkan sudah bisa memukul balik Dolar AS namun kenyataannya, rupiah tak bertahan lama. Ini disebabkan karena pergerakan ekonomi dunia dan juga keadaan Amerika yang kini memang sudah mulai stabil dan tidak lagi akan memberikan stimulus lagi. Ini tentu membuat semua investor merasa sangat tidak aman melakukan perdagangan. Lalu bagaimana dengan Bursa Efek Indonesia sendiri?

Pergerakan Saham IHSG

Saat ini dikabarkan kalau IHSG sedang berada pada kondisi stock picking. Banyak investor yang memang menghindari pasar dengan melakukan stock picking. Hal ini juga disebabkan karena ada beberapa saham yang memang mengalami penurunan yang tidak sebesar dengan saham-saham lainnya. Misalnya saja indeks IDX 30 yang memang banyak dijadikan alternatif saham penyelamat.

Saham Blue Chip juga menjadi pilihan karena penurunan indeksnya tidak sebesar saham lainnya. Saat ini kita mengetahui bahwa hampir semua saham properti memang mengalami penurunan bahkan 50% namun berbeda dengan saham blue chip yang hanya mengalami penurunan sekitar 20% saja. Artinya, kerugian yang akan didapatkan tentu akan lebih kecil ketimbang saham lainnya.

Indeks ini saat ini menjadi yang terbaik bagi investor yang memang sedang terombang-ambing dengan semua hal yang terjadi di pasar saham. Indeks ini juga sangat disarankan bagi pemula dalam pasar saham yang memang ingin mendapatkan posisi yang lebih aman. Saham lainnya juga mengalami penurunan drastis dari waktu ke waktu dan ini erat kaitannya juga dengan kondisi ekonomi Asia dan dunia serta kondisi dalam negeri sendiri.

Bagi Anda yang memang ingin mengetahui pergerakan saham hari ini, sebaiknya Anda memang selalu mengakses internet karena disana Anda akan bisa mendapatkan gambaran jelas pergerakan mata uang asing, saham dan lain sebagainya. Ini adalah cara terpraktis untuk Anda lakukan. Dengan keadaan ekonomi yang belum terlalu jelas seperti ini memang Anda sebaiknya lebih berhati-hati melakukan bisnis atau menanamkan saham.

 Rupiah Kembali Buat Rekor Baru

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia 0

Baru-baru ini IMF atau Dana Moneter Internasional mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan SDR yaitu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *