Teropong Bisnis | Homepage
Rencana Perubahan Desain Mata Uang Rupiah

Rencana Perubahan Desain Mata Uang Rupiah

0 Comments 🕔20.Nov 2013

Salah satu kesibukan terkini dari Bank Indonesia atau BI adalah membahas mengenai desain baru mata uang rupiah. Rencana desain baru ini akan dijalankan sesuai dengan UU Mata Uang yang berlaku di Indonesia. Keterangan mengenai rencana penggantian desain mata uang rupiah ini didapat dari Difi Johansyah selaku Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia.

Menurutnya, hingga saat ini pembahasan masih pada desainnya. Tentunya, ciri dan desainnya akan mengarah pada UU Mata Uang. Selain itu, rencananya desain baru mata uang rupiah tersebut dijadwalkan akan diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2014 mendatang. Ada beberapa perubahan yang akan dilakukan oleh pihak BI terkait desain baru mata uang Indonesia ini.

Salah satunya adalah dengan adanya penambahan elemen pada mata uang yaitu frasa “Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Penambahan elemen ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku khususnya yang tertuang dalam pasal 5 UU Mata Uang. Elemen yang masih tetap dipertahankan adalah gambar dan lambing negara, Garudah Pancasila.

Lebih lanjut lagi, akan ada pula perubahan dalam hal tanda tangan. Pada desain lama uang rupiah, tanda tangan yang tertera adalah tanda tangan Dewan Gubernur Bank Indonesia. Sedangkan untuk desain yang baru nanti, tanda tangan tersebut akan berdampingan dengan tanda tangan pihak pemerintah yaitu Menteri Keuangan.

Sama halnya dengan perubahan yang pertama, perubahan ini juga sudah diatur dalam UU Mata Uang pasal 5 huruf d. Intinya adalah tanda tangan pemerintah dan Dewan Gubernur BI harus ada dalam mata uang rupiah. Perubahan lain yang akan Anda lihat pada mata uang rupiah tanggal 17 Agustus 2014 nanti adalah tidak adanya pemuatan gambar orang yang masih hidup.

Salah satu contohnya adalah pada uang pecahan Rp. 50.000 dimana saat itu terdapat gambar mantan Presiden Soeharto padahal ia masih hidup dan menjabat sebagai presiden. Namun, uang rupiah baru nanti tetap diperbolehkan menggunakan gambar pahlawan nasional atau presiden. Jangan heran jika nanti Anda melihat gambar pahlawan dan presiden berdampingan pada uang yang Anda terima.

Ini karena hal tersebut juga diperbolehkan. Gambar tersebut harus dicantumkan sebagai gambar utama. Posisi gambar berada pada bagian depan mata uang rupiah. Gambar pahlawan yang digunakan harus sudah mengantongi ijin resmi dari instansi terkait khususnya yang menatausahakan gambar tersebut.

Satu hal lain adalah adanya ijin dari pihak ahli waris. Namun, gambar pahlawan nasional yang akan dicantumkan harus melalui keputusan Presiden. Selanjutnya, desain baru mata uang rupiah hanya akan dicetak oleh Bank Indonesia tentunya bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN sebagai pelaksana pencetakan rupiah.

Hingga saat ini, pencetakan mata uang rupiah masih dilakukan oleh Perum Peruri yang memang ditunjuk untuk mencetak uang pesanan BI. Jika terjadi kasus dimana BUMN tidak sanggup mencetak uang tersebut maka BUMN boleh bekerjasam dengan lembaga lain dengan penunjukkan secara resmi. Proses penunjukkan harus transparan dan akuntabel serta menguntungkan negara.

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia 0

Baru-baru ini IMF atau Dana Moneter Internasional mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan SDR yaitu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *