Teropong Bisnis | Homepage
Rahasia Penerbitan Uang Rupiah Baru

Rahasia Penerbitan Uang Rupiah Baru

0 Comments 🕔28.Oct 2013

Amerika Serikat telah meluncurkan pecahan dollar baru yaitu USD100. Salah satu pejabat Bank Sentral Amerika Serikat, Chief Cashier US Federal Reserve, Michael Lambert datang ke Indonesia pada minggu ini untuk mensosialisasikan tentang adanya uang dollar baru ini.

Bank Sentral AS melakukan hal ini untuk mencegah pemalsuan. Karena, saat ini sebagian besar transaksi internasional menggunakan dollar AS sebagai mata uang utama.

Selain itu, kasus pemalsuan dollar juga semakin parah. Dari jumlah USD1,5 triliun yang beredar, 1 persennya adalah uang palsu. Pecahan USD100 yang bergambar Benjamin Franklin ini merupakan pecahan terbesar saat ini, sejak dihentikannya pecahan USD500, USD1000 dan USD10.000 pada 1969.

Bila yang disebutkan diatas adalah dollar, bagaimana dengan uang Rupiah baru? Pemerintah mengatur hal ini dalam Peraturan Bank Indonesia No.6/14/PBI/2004 tanggal 22 Juni 2004 tentang Pengeluaran, Pengedaran, Pencabutan, dan Penarikan, serta Pemusnahan Uang Rupiah.

Dan, untuk tahap penerbitan uang Rupiah baru ini, menggunakan beberapa langkah dibawah ini.

1. Perencanaan Pengeluaran Uang Rupiah Baru

Tahap ini dilakukan melalui Rapat Dewan Gubernur (RDG). Bank Indonesia akan mengkaji tingkat pemalsuan, nilai intrinsik, masa edar pecahan uang dan kebutuhan masyarakat. Setelah itu, maka BI akan melanjutkan ke tahap selanjutnya.

2. Desain dan Spesifikasi Uang

Gubernur Bank Indonesia akan mengkaji dan menyetujui desain dan spesifikasi uang Rupiah baru yang akan diterbitkan. Pelaksanaan pendesainan ini diputuskan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia bidang pengedaran uang.

Tahap ini mempunyai 2 cara, yaitu:

·   Bekerjasama dengan perusahaan pencetakan uang

·   Sayembara desain uang yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia atau pihak lain yang ditunjuk.

3.  Pencetakan Uang

Setelah desain dan spesifikasi disetujui oleh Gubernur Bank Indonesia, maka perusahaan pencetakan uang akan memberikan contoh. Contoh berupa 1 lembar uang kertas dan lembaran utuh, atau 1 keping uang logam.

Contoh ini akan menjadi acuan proses pencetakan uang. Contoh yang diajukan juga disertai dengan spesifikasi dan informasi teknis lengkap dan disetujui oleh Direktur Direktorat Pengedaran Uang

4. Penerbitan Ketentuan

Pengeluaran uang Rupiah baru ini berdasarkan 2 ketentuan. Pertama adalah Peraturan Bank Indonesia (PBI) yang mengatur tentang macam uang, ciri uang, harga uang dan tanda berlakunya uang tersebut.

Ketentuan yang kedua adalah Surat Edaran Intern (SE Intern). Ketentuan ini mengatur tentang tanggal pengeluaran dan pengedaran uang, cara pengiriman dan cara pembukuan dan pencatatan uang baru ini.

5. Sosialisasi dan Edukasi Uang Baru

Sosialisasi dilakukan Bank Indonesia sebelum penerbitan uang Rupiah baru. Sosialisasi ini dilakukan dengan banyak cara, seperti konferensi pers, pelatihan kasir Bank Indonesia, perbankan dan pihak-pihak yang berkepentingan.

Bank Indonesia juga menyebarkan informasi berupa pengumuman, poster, brosur, leaflet, VCD dan lainnya. Sosialisasi ini tidak hanya untuk pengenalan uang Rupiah baru. Tetapi, dengan sosialisasi ini, Bank Indonesia juga mendidik masyarakat untuk dapat membedakan uang palsu dan asli.

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia 0

Baru-baru ini IMF atau Dana Moneter Internasional mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan SDR yaitu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *