Teropong Bisnis | Homepage
Petani Ini Diuntungkan dengan Lemahnya Rupiah

Petani Ini Diuntungkan dengan Lemahnya Rupiah

0 Comments 🕔03.Sep 2013

Seperti yang banyak kita ketahui ternyata tidak semua orang menangis karena Rupiah yang melemah. Ternyata banyak juga orang yang sangat senang bahkan sangat bahagia karena melemahnya Rupiah. Selama ini berita yang ada di beberapa televisi mengatakan bahwa rupiah melemah dan ini sangat buruk bagi kita. Semua masyarakat merasa sangat khawatir dengan keadaan seperti ini.

Namun kita sebenarnya memang tidak perlu khawatir. Semua tentu ada jalan keluarnya. Ancaman krisis ekonomi seperti yang ramai dibicarakan itu memang sangat mungkin terjadi namun hal itu juga mungkin tidak terjadi apabila pemerintah bisa mengelola semuanya dengan sebaik-baiknya. Banyak yang mengatakan bahwa ada banyak pihak yang diuntungkan dengan kenaikan Dolar ini.

Kebahagiaan Petani Sawit

Ternyata beberapa petani komoditas merasa sangat diuntungkan dengan melemahnya Rupiah. Kenapa bisa begitu? Salah satu petani yang sangat diuntungkan dengan keadaan ini adalah para petani sawit. Bagaimana tidak merasa sangat beruntung, mereka akan bisa menjual kelapa sawitnya dengan sangat mahal ke luar negeri ketika dolar juga ikut naik. Semua harga kelapa sawit akan dihitung dengan menggunakan dolar.

Selain harga kelapa sawit yang bisa dijual dengan mahal, ternyata beberapa komponen di perkebunan kelapa sawit banyak yang menggunakan mata uang rupiah. Istilahnya biaya perawatan, panen dan juga gaji pekerja akan menggunakan Rupiah. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi mereka yang mempunyai perkebunan kelapa sawit sampai berhektar-hektar.

Selain petani kelapa sawit yang sangat diuntungkan ternyata pengusaha yang mempunyai kaitan dengan kelapa sawit juga akan merasa sangat diuntungkan. Mereka bisa membeli bahan baku dengan harga yang jauh lebih murah kemudian menjual produk olahannya dengan harga yang lebih mahal. Mereka ini akan sangat bahagia apalagi kalau dolar semakin menguat dari waktu ke waktu.

5.a Petani Ini Diuntungkan dengan Lemahnya Rupiah

Kebahagiaan Eksportir

Rona kebahagiaan juga akan terpancar dari para eksportir. Para eksportir sumber daya alam misalnya karet, kopi, kakao, batu bara, tambang dan lainnya juga akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Mereka tidak akan terpengaruh dengan naiknya dolar dan melemahnya Rupiah. Mereka banyak akan merasakan keuntungan ketimbang dampak buruknya.

Namun tentu saja walaupun mereka mendapatkan banyak keuntungan, banyak juga yang merasakan dampak negatif dari melemahnya Rupiah ini. Rupiah yang selalu melemah juga tetap akan memberikan dampak negatif walaupun mungkin kecil. Saat ini Indonesia sendiri masih banyak mengandalkan beberapa bahan yang diimpor dari luar negeri. Ini tentu sangat merugikan kita.

Dikhawatirkan kalau rupiah selalu melemah seperti ini, akan ada inflasi yang terjadi. Bahan-bahan seperti kedelai sebaiknya mulai dibudidayakan di tanah kita sendiri. Indonesia terkenal dengan tanah yang subur jadi masih sangat mungkin untuk membudidayakan kedelai tanah air dan kita tidak perlu lagi mengimpor dari luar negeri. Kita memang harus khawatir dengan melemahnya Rupiah, namun kita juga tidak perlu berlebihan menanggapinya.

5.c Petani Ini Diuntungkan dengan Lemahnya Rupiah

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia 0

Baru-baru ini IMF atau Dana Moneter Internasional mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan SDR yaitu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *