Teropong Bisnis | Homepage
Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia

0 Comments 🕔02.Dec 2015

Baru-baru ini IMF atau Dana Moneter Internasional mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan SDR yaitu special drawing rights. Pengumuman tersebut menyatakan jika mata uang Renminbi atau RMB yang berasal dari Tiongkok resmi menjadi salah satu bagian dari SDR itu tadi. Dengan pengumuman tersebut, maka RMB pun kini menjadi salah satu bagian dari mata uang dunia yang dapat digunakan dalam SDR tersebut. Lantas apa itu yang dimaksud degan SDR? SDR adalah sebuah aset cadangan yang dibuat oleh IMF itu sendiri, tepatnya pada tahun 1969.

Penggumuman yang berkaitan dengan keputusan tersebut pun disahkan pada hari senin, tanggal 30 bulan November tahun 2015 kemarin. Hal ini merupakan lanbkah besar yang berkaitan dengan penggunaan RMB terutama untuk bidang perdagangan dan juga sistem keuangan. Sementara itu, SDR pada mulanya hanya terdiri dai 4 jenis mata uang saja. seperti halnya puondsterling, dollar AS, yen dan juga euro. Untuk setiap bentuk perhitungan serta pembobotan yang dimiliki oleh SDR itu sendiri biasanya akan dilakukan evaluasi dalam waktu 5 tahun sekali. Namun sebelum penggunaannya, jenis SDR itu pun harus dilakukan konversi terlebih dahulu terhadap salah satu dari empat jenis mata uang tersebut.

Dengan bergabungnya RMB dalam mata uang dunia atau jenis mata uang secara internasional itu pun, maka hal ini tentunya menjadi bentuk sejarah yang bahkan menjadi tingkat sejarah internasional, utamanya bagi negara berkembang yang hanya memiliki pendapatan sekitar seperempat bagian per kapitanya dari beberapa bentuk negara maju lainnya. Pendapat tersebut dinyatakan oleh Eswar Prasad, yang pernah menjabat sebagai kepala dari Divisi Tiongkok IMF, dan juga berperan sebagai Profesor senior di salah satu universitas di Amerika Serikat.

Namun meskipun masuknya RMB menjadi sejarah yang mengejutkan, beliau juga menyatakan bahwa RMB tetap tidak dapat menyaingi status dari mata uang dollar AS, yang mana berperan sebagai mata uang global yang lebih dominan dibandingkan dengan jenis mata uang lainnya. Sementara itu, Christine Lagarde yaitu seorang managing director dari IMF itu sendiri menyatakan jika pengakuan RMB ini bermula dari sebuah progres yang sudah dilakukan oleh pihak pemerintah Tiongkok pada beberapa waktu tahun belakang ini. Hal ini juga berkaitan dengan  keinginan Tiongkok untuk melakukan reformasi dari sistem moneter serta keuangan yang terdapat di Tiongkok itu sendiri.

Selain itu, kelanjutan dari usaha yang satu ini juga akan memberikan dampak yang cukup baik, berkaitan dengan sistem moneter dan juga keadaan finansial yang lebih kuat. Sehingga pada akhirnya pun pertumbuhan dan juga stabilitas dari Tiongkok atau pun Global akan mengalami kemajuan yang lebih baik.

Beberapa waktu yang lalu Presiden Xi Jinping dari Tiongkok juga manyatakan bahwa pengumuman yang menyatakan RMB sebagai salah satu bagian dari mata uang dunia internasional ini adalah sebuah kebanggaan bagi Tiongkok itu sendiri, dan juga hal ini menjadi kebijakan ekponomi tertinggi.

Mata Uang  Dunia

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *