Teropong Bisnis | Homepage
Pasokan Dollar Langka karena Ulah Eksportir

Pasokan Dollar Langka karena Ulah Eksportir

0 Comments 🕔06.Sep 2013

Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS  kini menjadi berita yang paling aktual akhir-akhir ini. Bahkan berita ini selalu hangat diperbincangkan oleh sejumlah lapisan masyarakat mulai dari masyarakat awam hingga para pengamat ekonomi Indonesia. Baru-baru ini beredar rumor bahwa  anjloknya nilai mata uang rupiah terhadap dollar AS dipicu oleh sedikitnya jumlah uang dollar AS yang beredar di  pasar. Banyak eksportir yang disinyalir dollar-dollar mereka. Untuk menanggulangi persoalan ini, banyak pihak yang mendesak para petinggi negara untuk menukarkan dollar-dollarnya menjadi rupiah. Namun sepertinya anjuran ini tak digubris oleh para petinggi negara yang bersangkutan.

Rasa cemas eksportir rugikan rupiah

Ulah para eksportir menahan dollar-dollar mereka disebabkan oleh perasaan cemas yang dirasakan. Mereka cemas bahwa mereka nantinya tidak bisa membeli dollar lagi. Phak Bank Indonesia (BI) sendiri juga membenarkan rumor ini. Pihak BI  mengatakan bahwa memang benar ada eksportir yang masih menahan uang dollar milik Negeri Paman Sam ini. Namun hanya sebagian eksportir saja yang melakukannya, tambah BI.

Peter Jacobs, Direktur Departemen Komunikasi BI, menjelaskan bahwa pihaknya saat ini sedang berupaya meyakinkan para pelaku pasar di Indonesia khususnya para eksportir bahwa mereka sudah bisa melakukan transaksi seperti semula. BI sudah menyediakan dan memberikan fasilitas pada pemilik uang dollar agar semua transaksi pasar bisa berjalan normal kembali.

4. Pasokan Dollar Langka karena Ulah Eksportir3

Upaya BI rayu para eksportir

Contoh salah satu fasilitasnya adalah fasilitas term deposit valas. Fasilitas ini akan bermanfaat bagi mereka para pelaku pasar yang memiliki valas (valuta asing). Mereka yang memiliki valas  dapat menggunakan fasilitas yang satu ini. Atau juga bisa menggunakan  fasilitas di lelang swap. Dua contoh fasilitas ini memungkinkan para pemilik dollar tidak merasa cemas lagi untuk menjual dollar-dollarnya. Saat mereka membutuhkan dollar, mereka tidak akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan  kembali dollar-dollar mereka.

Upaya pengembalian nilai mata uang rupiah ini dinilai cukup berhasil. Laporan terakhir yang disampaikan oleh BI pada pekan ini menunjukan sebuah kondisi di mana sebagian eksportir kini sudah mau melepasakan dollar-dollar mereka. Namun masih ada juga sebagian lagi yang masih belum yakin dengan upaya baik dari BI. Buktinya hingga sekarang nilai mata uang rupiah masih melemah karena sedikitnya jumlah dollar di Indonesia.

Kurs rupiah terhadap dollar AS terbaru menunjuk angka Rp.11.000 lebih per-dollar AS-nya. Angka ini menjadi angka tertinggi sejak April 2009. Melihat kondisi kurs rupiah saat ini, bank-bank menggunakan tarif supermahal untuk satu lembar uang dollar AS. Bahkan ada bank yang sudah memberlakukan tarif Rp.12.000 untuk satu lembar uang dollar AS. Efek dari terpuruknya nilai mata uang rupiah terhadap dollar, harga-harga beberapa barang melambung tinggi. Sebut saja contohnya barang-barang elektronik yang memang umumnya dijual dalam bentuk dollar AS.

4. Pasokan Dollar Langka karena Ulah Eksportir4

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia 0

Baru-baru ini IMF atau Dana Moneter Internasional mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan SDR yaitu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *