Teropong Bisnis | Homepage
Nilai Tukar Rupiah vs Nilai Tukar Dollar dengan Dihentikannya shutdown di AS

Nilai Tukar Rupiah vs Nilai Tukar Dollar dengan Dihentikannya shutdown di AS

0 Comments 🕔18.Oct 2013

Kabar menggembirakan datang dari Amerika Serikat dimana akhirnya Partai Republik menyetujui pagu anggaran yang diajukan oleh Presiden Barack Obama. Dengan hasil akhir ini, diperkirakan shutdown dan pagu hutang akan aman hingga tahun depan. Lalu apa dampaknya bagi nilai tukar dollar AS dan Rupiah? Dengan adanya kesepakatan ini, maka dollar AS yang awalnya mengalami depresi akhirnya mengalami penguatan.

Sebaliknya, nilai tukar Rupiah terhadap dollar AS khususnya pada perdagangan non-delivery forward atau NDF mengalami penurunan atau melemah. Pada pembukaan perdagangan hari ini, Kamis 17 Oktober 2013, nilai tukar Rupiah melemah sekitar 160 poin atau 1.4% menjadi Rp11.355 per US$. Kondisi ini berbeda dengan hari sebelumnya dimana pada penutupan perdagangan nilai tukar Rupiah berada pada kisaran R. 11.195 per US$. Rangga Cipta selaku ekonom Samuel Sekuritas menyatakan dengan pendirian presiden Obama yang tidak ingin mengubah sedikit pun anggaran Obamacare membuat Republik bertekuk lutut yang akhirnya memutuskan untuk menghentikan shutdown hingga 15 Januari.

Dampak lain dari keputusan ini adalah dengan adanya kenaikan batas atau hutang hingga 7 Februari tahun depan. Kesepakatan ini juga berdampak pada adanya sentimen positif. Sebagai contoh, pada penutupan perdagangan dini hari kemarin, Dow Jones dan S&P 500 mengalami penguatan. Di sisi lain, akhirnya index dollar dan tingkat imbal hasil Treasury AS 10 tahun terkoreksi juga.

Rangga Cipta juga menambahkan bahwa krisis fiskal ini akan aman sementara paling tidak hingga 15 Januari 2014 mendatang. Menurut prediksinya, fokus akan diarahkan pada waktu pemangkasan stimulus. Salah satu hal yang patut untuk diperhatikan adalah hengkangnya Bernanke dari Fed di akhir tahun serta kebijakan yang akan diambil oleh Yellen sebagai Gubernur baru. Nantinya, Nonfarm payroll yang memberikan data pekerjaan di Amerika Serikat akan menjadi pusat perhatian atau titik konfirmasi.

Yang pasti, kabar gembira dari Washington ini juga akan mendongkrak pasar Asia. Setidaknya, pasar Asia akhirnya mampu lepas dari tekanan perdagangan kemarin. Lebih jauh lagi, nilai tukar Rupiah yang sempat melemah yaitu sekitar Rp. 11.195 per US$ juga diprediksi akan menguat pada kisaran Rp. 10.900 hingga Rp. 11.100 per US$. Hal ini terjadi seiring dengan tren melemahnya nilai tukar dollar.

Sore hari ini saja, tanggal 17 Oktober 2013, nilai tukar rupiah mulai mengalami penguatan secara fluktiatif. Penguatan ini terjadi karena adanya laporan kinerja emiten untuk periiode kuartal III-2013. Menelusuri lebih jauh lagi, data terakhir untuk penjualan mobil dan motor masih kuat khususnya di bulan September.  Secara spesifik, penjualan mobil bulan lalu naik sekitar 49% mtm atau sekitar 14% yoy.

Pada performa PDB, data menunjukkan bahwa penjualan durable goods yang kuat akan sangat menguntungkan. Sayangnya, diprediksi pula bahwa target pemerintah untuk mengurangi tekanan dari defisit neraca perdagangan akan sedikit terganggu.

Efek samping dihentikannya shutdown adalah naiknya harga minyak mentah WTi US$ per barrel. Awalnya, harga minyak mentah sempat turun drastis dikisaran US$102. Dengan kondisi penjualan di industri otomotif serta mahalnya bahan bakar, maka impor masih akan menguat.

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia 0

Baru-baru ini IMF atau Dana Moneter Internasional mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan SDR yaitu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *