Teropong Bisnis | Homepage
Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS Semakin Terpuruk

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS Semakin Terpuruk

0 Comments 🕔22.Nov 2013

Bagaimana kabar nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat saat ini? Rupanya, Rupiah kembali mengalami penurunan. Secara detail, nilai tukar Rupiah terhadap dollar Amerika Serikat melemah hingga mencapai Rp. 11.724 per USD. Data terkait penurunan nilai tukar Rupiah tersebut disampaikan oleh Bloomberg.

Pada pembukaan perdagangan non-delivery forward atau NDF saja, rupiah sudah mengalami pelemahan sebanyak 64 poin atau sebanyak 0.55%. Dengan penurunan tersebut maka nilai Rupiah menjadi Rp. 11.724 per USD. Pada penutupan kemarin, nilai Rupiah hanya mencapai Rp. 11.660 per USD. Hal serupa juga dicatat oleh Yahoofinance dimana posisi nilai Rupiah berada di Rp. 11.655 per USD.

Rangga Cipta yang merupakan Ekonom Samuel Sekuritas menyatakan bahwa selisih kurs rupiah NDF selama satu bulan terlihat semakin merapat ke kurs Jisdor Bank Indonesia. Hal ini menunjukkan aksi jual asing yang cukup signifikan khususnya di pasar keuangan domestik. Selanjutnya, ia juga mengatakan bahwa darta Retail Sales AS yang sudah diumumkan ternyata lebih baik dari harapa pasar.

Dengan pengumuman ini berpengaruh pada dipercepatnya tapering malam sebelumnya. Dengan begitu, optimisme pasar akan kembali menguat. Jalannya pasar akan dikuasai oleh Pernyataan dari Bank Sentral Eropa dan AS. Penguasaan ini sendiri sepertinya dilakukan dengan tingkat ketidakpastian yang meningkat drastis.

Hal ini juga diungkapkan oleh Edwin Sebayang selaku Kepala Riset MNC. Menurutnya, laju nilai tukar Rupiah terhadap dollar AS terus melemah. Nilai rupiah terus melemah hingga mencapai Rp, 11.650 per USD. Dampak dari anjloknya nilai tukar Rupiah adalah adanya tekanan tajam pada pasar saham Indonesia.

Bahkan, jika laju penurunan rupiah terus berlanjut, Edwin memprediksi bahwa nilai tukar Rupiah terhadap dollar AS akan mencapai Rp. 12.000 per USD hingga beberapa hari ke depan. Di hari sebelumnya, nilai tukar Rupiah juga masih betah berada dikisaran level Rp. 11.700 per USD. Sore kemarin saja, Rupiah tercatat mengalami pelemahan sebanyak 45 poin atau 0.39%.

Dengan penurunan tersebut maka posisi Rupiah berada di level Rp. 11.705 per USD. Untuk pergerakan harian, mata uang Indonesia ini sempat menyentuh level tertingginya yaitu Rp. 11.540 dengan level terendah Rp. 11.733 per USD. Sebagai perbandingan nilai tukar, Yahoofinance juga melihat adanya penurunan nilai tukar Rupiah terhadap dollar Amerika Serikat.

Kemarin, nilai Rupiah berada di kisaran Rp. 11.700 per USD. Pergerakan hariannya berada pada nilai antara Rp. 11.688 hingga Rp. 11.708 per USD. Lebih disayangkan lagi, kurs tengah Bank Indonesia hanya sampai pada level Rp. 11.717 per USD pada penutupan perdagangan kemarin sore.

Tentu saja, level ini menurun setelah sebelumnya berada pada level Rp. 11.631 per USD. Semoga kondisi nilai tukar Rupiah yang masih terpuruk ini bisa membaik pada perdagangan berikutnya.

3.Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS Semakin Terpuruk1

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia 0

Baru-baru ini IMF atau Dana Moneter Internasional mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan SDR yaitu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *