Teropong Bisnis | Homepage
Naiknya Nilai Tukar Rupiah Belum Berarti Keluar Dari Zona Negatif

Naiknya Nilai Tukar Rupiah Belum Berarti Keluar Dari Zona Negatif

0 Comments 🕔19.Nov 2013

Beberapa hari yang lalu, nilai tukar Rupiah selalu berada di zona negatif. Selain dipengaruhi oleh perekonomian Amerika Serikat yang membaik, menguatnya nilai dolar akibat sentimen positif dari pelaku pasar juga menjadi salah satu penyebabnya.

Hal ini diperburuk dengan dinaikkannya BI Rate yang membuat banyak pihak semakin pesimis dengan pergerakan nilai tukar Rupiah. Tetapi, hari ini, ada kabar baik datang dari pasar saham Indonesia. Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat dibuka menguat.

Nilai tukar Rupiah dalam perdagangan non-delivery forward (NDF) dibuka menguat ke posisi Rp. 11.608 per USD. Hal ini dapat dikatakan sebagai indikasi membaiknya kondisi pasar saham Indonesia, dimana investor sudah mulai masuk dan percaya pada perekonomian Indonesia.

Bloomberg juga melansir pada Senin 18 November 2013 tentang penguatan nilai tukar Rupiah ini. Menurut Bloomberg, Rupiah dibuka dengan penguatan sebesar 15 poin bila dibandingkan dengan penutupan perdagangan akhir pekan lalu. Pada akhir pekan lalu, Rupiah ditutup pada level Rp. 11.623 per USD sedangkan pekan ini, Rupiah ditutup pada level Rp. 11.608 per USD.

Sedangkan Yahoofinance juga mencatatkan hasil yang sebaliknya. Menurut Yahoofinance nilai tukar Rupiah tercatat menurun pada pembukaan perdagangan pada 18 November 2013. Yahoofinance mencatat adanya penurunan yang pada akhir pekan lalu nilai tukar Rupiah menyentuh angka Rp. 11.545 per USD, pada pekan ini, Rupiah sudah turun ke level RP. 11.610 per USD.

Kondisi ini menggambarkan bahwa nilai tukar Rupiah belum sepenuhnya stabil. Jadi, para investor sebaiknya lebih memperhitungkan investasi mereka. Hal ini juga diamini oleh beberapa tokoh ekonomi.

Menurut Head of Research and Analysis BNI, Nurul Eti Nurbaeti, Indonesia menurut Konfirmasi Fitch berada di level BBB-. Memang, posisi ini tidak dapat dikatakan sudah sangat baik. Tetapi, kondisi ini juga menggambarkan adanya outlook yang stabil pada perekonomian Indonesia. Artinya, ada kemungkinan besar akan terjadi perbaikan dan peningkatan pada perekonomian domestik di Indonesia.

Meskipun pergerakan positif nilai tukar Rupiah pada pekan ini merupakan salah satu kabar menggembirakan, tetapi, bukan berarti pelaku pasar dapat bersantai-santai. Hal ini dikarenakan di sektor lain, nilai tukar Rupiah masih sangat rawan.

Salah satunya adalah seperti yang dijelaskan Nurul mengenai nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS di pasar offshore. Pada pasar ini, nilai tukar Rupiah masih bergerak melemah. Hal ini disebabkan oleh tingginya permintaan atas dolar. Meningginya permintaan atas dolar ini berpotensi besar menekan nilai tukar Rupiah di dalam negeri.

Bank Indonesia (BI) juga tetap waspada dengan pergerakan nilai tukar Rupiah ini. Tetapi, menurut Nurul, BI diperkirakan akan memberikan ruang lebih untuk fluktuasi Rupiah ini menyesuaikan kondisi yang terjadi di pasar Forex domestik.

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia 0

Baru-baru ini IMF atau Dana Moneter Internasional mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan SDR yaitu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *