Teropong Bisnis | Homepage
Masyarakat Diminta Tenang dengan Kondisi Nilai Tukar Rupiah

Masyarakat Diminta Tenang dengan Kondisi Nilai Tukar Rupiah

0 Comments 🕔08.Dec 2013

Nilai tukar rupiah terhadap dollar masih terus menjadi perbincangan hangat. Salah satunya karena nilai tukar rupiah yang masih tidak stabil. Hingga informasi ini ditulis, nilai tukar rupiah terhadap dollar masih saja mengalami pelemahan. Di sisi lain, Badan Pusat Statistik atau BPS mengumumkan bahwa neraca perdangan bulan November mengalami surplus.

Nilai surplus neraca perdagangan sudah mencapai USD 42.4 juta. Sayangnya, nilai yang sudah surplus ini tidak mampu menguatkan nilai tukar mata uang Indonesia ini. Terkait dengan kondisi ini, Mirza Adityaswara selaku Deputi Gubernur Senior meminta agar masyarakat tidak terlalu khawatir. Ia memang menilai bahwa pergerakan rupiah saat ini sudah sangat liar.

Ia menambahkan bahwa Indonesia harus memperbaiki fundamental ekonomi jika ingin terlepas dari tekanan ini. Jadi intinya, pergerakan rupiah ini harus diimbangi dengan perbaikan fundamental, balance serta inflasi. Nantinya, jika 3 hal tersebut sudah baik dan mulai stabil, rupiah akan menguat dengan sendirinya walaupun secara perlahan.

Hal ini juga sangat terkait dengan volatilitas rupiah dimana pola pergerakan pada arah yang sama. Ada saatnya rupiah melemah ada pula saatnya rupiah menguat. Ekonomi Indonesia memang harus diperbaiki hingga menjadi level bagus dan aman. Dengan begitu, investor akan berduyun-duyun membeli obligasi dan saham.

Tapi pembelian yang terlalu banyak juga sangat berisiko. Pada saat semacam itu, investor akan melihat bahwa ekonomi bisa dikatakan over heating. Bagi investor yang jeli, mereka akan segera menjual saham dan obligasinya. Di sisi lain, banyak orang yang mengira bahwa dijualnya saham dan obligasi adalah karena fundamental Indonesia yang jelek padahal tidak.

Penjelasan ini coba diterangkan oleh Mirza guna menenangkan masyarakat Indonesia. Pada dasarnya pergerakan rupiah yang seperti memang wajar adanya. Hal ini juga tidak perlu dikhawatirkan selama pihak investor asing melihat pemerintah Indonesia melakukan respon dan kebijakan yang tepat dan tidak merugikan.

Dengan mempertahankan hal itu, investor yang masih bertahan akan tetap mempertahankan dananya sedangkan yang sudah terlanjur keluar akan segera kembali memasukkan dananya untuk berinvestasi di Indonesia. Tentu saja, Mirza berharap bahwa pemerintah Indonesia tidak asal membuat respond an kebijakan agar tidak merugikan Indonesia sendiri.

Ini karena investor sangat bergantung dari informasi kebijakan. Mereka menunggu dengan sabar. Jika nantinya kebijakan pemerintah Indonesia dinilai menguntungkan maka investor akan kembali percaya dengan negera ini. Itu artinya, ekonomi Indonesia akan membaik. Dampak positifnya adalah pergerakan rupiah akan segera menguat terhadap dollar Amerika Serikat.

Sayangnya, Bank Indonesia dinilai lambat menangani pelemahan rupiah ini. Namun, BI beralasan bahwa ini karena sistem free float yang dianut oleh Indonesia. Itu artinya, BI baru merespon jika posisi nilai tukar rupiah sudah sangat sulit.

 

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia 0

Baru-baru ini IMF atau Dana Moneter Internasional mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan SDR yaitu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *