Teropong Bisnis | Homepage
Lihat Kurs Lihat Kondisi Ekonomi Negara

Lihat Kurs Lihat Kondisi Ekonomi Negara

0 Comments 🕔11.Jan 2014

Bila kita berbicara mengenai Rupiah, maka kita akan dapat menemukan beberapa hal menarik. Salah satunya, kondisi nilai tukar Rupiah.

Kurs atau nilai tukar Rupiah merupakan salah satu indikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui tentang kondisi ekonomi suatu negara. Artinya, bila kurs Indonesia saat ini sedang melemah, Anda dapat mengartikan bahwa memang ada masalah yang terjadi di perkekonomian Indonesia. Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara juga setuju akan hal ini dan kurs memang dapat digunakan untuk melihat fundamental ekonomi suatu negara.

Artinya, kurs yang tercatat adalah sesuai dengan kondisi perekonomian suatu negara pada saat kurs tercatat. Jadi, bila negara Indonesia mengalami surplus neraca perdagangan dan transaksi berjalan seperti pada tahun 2011, Mirza mengatakan bahwa kurs yang tercatat memang sesuai dengan kondisi yang ada.

Mirza mengatakan, saat kurs melemah pada beberapa waktu yang lalu, hal tersebut disebabkan oleh adanya tapering dan juga beberapa kebijakan untuk mengatasi masalah yang terjadi. Jadi, pada saat ada defisit transaksi berjalan yang terus bertambah, kurs yang saat itu mencapai Rp. 9.500 sampai Rp. 9.600 Mirza pandang tidak cocok. Hal tersebut terjadi karena ada kedua hal sebelumnya, jadi bukan menggambarkan keadaan yang sebenarnya.

keuangan, kurs dollar, ekonomi, rupiah

Akan tetapi, ada hasil yang baik yang didapat setelah adanya dua aksi dari pemerintah tersebut. Hasilnya, trade balance mulai berjalan lancar dan menjadi surplus.

Mirza menjelaskan, untuk menghadapi masalah yang sama yang tidak dapat digambarkan oleh kurs, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah impor non-migas. Sektor migas menjadi salah satu sektor yang menyumbang dampak besar pada permasalah yang sering terjadi pada neraca perdagangan.  Jadi, memang sektor ini membutuhkan perhatian lebih.

Masalah yang terjadi karena minyak dan gas lebih ke masalah struktural. Oleh karena itu, masalah ini tidak dapat diselesaikan dengan menggunakan data bunga dan kurs. Menurut Mirza, bila Indonesia ingin bangkit dari masalah perekonomian yang membelenggu, diperlukan adanya perbaikan struktural pada sektor ini. Dengan demikian, maka neraca berjalan akan membaik, bahkan lebih baik dibandingkan proyeksi.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo juga menambahkan beberapa hal mengenai masalah kurs dan fundamental ekonomi negara kita. Menurut beliau, masalah pada kurs juga disebabkan oleh pendalaman pasar keuangan.

Karena pada saat tingginya permintaan Rupiah kondisi pasar keuangan dan pasar valas Indonesia tidak terlalu dalam, maka hal ini mempengaruhi nilai tukar Rupiah. Oleh karena itu, kurs Rupiah sempat menyentuh nilai yang terendah sejak 2008 yang membuat banyak pihak khawatir. Agus mengatakan seharusnya hal ini harus tercermin dalam fundamental ekonomi Indonesia. Sehingga, penyelesaian masalah ekonomi ini dapat terlaksana dengan baik.

keuangan, kurs dollar, ekonomi, rupiah

BACA JUGA;

Rupiah Galau, BI Tenang…!

Rencana Perubahan Desain Mata Uang Rupiah

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia 0

Baru-baru ini IMF atau Dana Moneter Internasional mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan SDR yaitu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *