Teropong Bisnis | Homepage
Kebijakan Ekonomi Ubah Rp.1.000 Menjadi Rp.1 Harus Dilakukan

Kebijakan Ekonomi Ubah Rp.1.000 Menjadi Rp.1 Harus Dilakukan

0 Comments 🕔06.Sep 2013

Redenominasi atau penyederhanaan nilai mata uang rupiah diisukan akan segera dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Rencana ini mendapatkan  tanggapan dari Perencanaan Keuangan, yaitu Aidil Akbar. Rencana redenominasi sepertinya wajib diaplilkasikan agar martabat Bangsa Indonesia menjadi lebih baik di mata dunia.

Dalam sebuah acara seminar yang bertema ‘Kiat Investasi Cerdas di Tengah Turbelensi Ekonomi’ yang bertempat di Gedung BEI, Jakarta, pada hari Rabu  kemarin, ia mengatakan bahwa redenomasi ini mau tak mau harus dilakukan demi Bangsa Indonesia. Di Negara Zimbabwe, misalnya, harga satu butir telur saja mahal sekali, tambahnya. Dengan adanya kebijakan redenominasi ini Indonesia akan terhindar dari kondisi ekonomi yang dialami oleh Negara di Afrika itu.

Redenominasi akan diaplikasikan pada tahun 2016

Agar semua berjalan dengan mulus, kebijakan redenominasi ini sebaiknya mulai diberlakukan pada tahun 2016, bukan tahun ini ataupun tahun depan. Ada beberapa alasan mengapa redenominasi ini akan jauh lebih efektif bila dilakukan mulai tahun 2016. Salah satunya adalah bila dilakukan pada tahun depan, pelaksanaannya akan terganggu karena bersamaan dengan pesta demokrasi Indonesia. Diprediksikan konsentrasi pasar akan terganggu bila pelaksanaan kebijakan redenominasi ini diterapkan bersamaan dengan Pemilu tahun 2014.

2. Kebijakan Ekonomi Ubah Rp.1.000 Menjadi Rp.1 Harus Dilakukan3

Redenominasi wajib disosialisasikan

Masyarakat awam juga perlu mendapat sosialisasi agar tidak timbul salah persepsi dari masyarakat terhadap kebijakan ekonomi redenominasi ini. Bila perlu sosialisasi ini mulai dilakukan sekarang agar pelaksanaannya kelak lancar dan tidak menemui hambatan-hambatan. Sekitar 49 persen masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah pedesaan perlu diberikan sosialisasi lebih intensif karena umumnya masyarakat yang tinggal di wilayah pedesaan ini sulit menerima hal-hal yang baru. Ditambah lagi 30 persen dari masyarakat desa tersebut juga tergolong mereka yang berusia tua sehingga perlu diberikan pengertian lagi apa manfaat dari kebijakan redenominasi ini.

Aidil Akbar menambahkan bahwa sosialisasi seputar pemberlakuan redenominasi ini membutuhkan proses yang panjang. Maka dari itu penting bagi pemerintah untuk mulai sedikit demi sedikit memperkenalkan apa itu redenominasi. Jika sosialisasi dapat dilakukan dengan baik, kemungkinan besar pelaksanaan kebijakan ekonomi ini juga akan berhasil.

 Kebijakan redenominasi ini sudah pernah dilakukan di beberapa negara di dunia. Ada yang berhasil dan ada juga yang mengalami kegagalan. Misalnya saja Negara Turki. Turki berhasil mengaplikasikan kebijakan ini selam 5-7 tahun. Keberhasilan ini terjadi karena salah satu faktornya adalah Negara Turki termasuk negara kecil. Tentu saja sangat berbeda dengan Indonesia yang bisa dikategorikan sebagai negara besar dilihat dari cakupan wilayahnya.

Kekhawatiran terbesar dari pelaksanaan kebijakan ekonomi redenominasi ini adalah bahwa banyak masyarakat Indonesia yang tidak mendapat info seputar kebijakan ini.  Dan yang lebih dikhawatirkan lagi  adalah kebijakan redenominasi ini sama diartikan dengan senering . Padahal redenominasi dan Senering memiliki konsep dan tujuan yang berbeda. Jika hal ini terjadi, inflasi akan terjadi hingga mencapai kisaran 60-70 persen.

2. Kebijakan Ekonomi Ubah Rp.1.000 Menjadi Rp.1 Harus Dilakukan4

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia 0

Baru-baru ini IMF atau Dana Moneter Internasional mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan SDR yaitu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *