Teropong Bisnis | Homepage
Kabar Gembira tentang Nilai Tukar Rupiah Dari Pasar Berjangka

Kabar Gembira tentang Nilai Tukar Rupiah Dari Pasar Berjangka

0 Comments 🕔11.Jan 2014

Bila kita berbicara mengenai nilai tukar Rupiah, maka yang akan kita temukan hanyalah kekecewaan. Memang, nilai tukar Rupiah beberapa bulan ini dalam keadaan melemah. Bahkan sempat menembus Rp. 12.000 per dollar AS yang menjadi rekor terburuk sejak krisis 2008.

Pemerintah sudah mengeluarkan banyak kebijakan dan metode untuk mengatasi masalah nilai tukar Rupiah ini. Tetapi, banyak ahli berpendapat, bila penyebab utamanya tidak diatasi, maka kebijakan-kebijakan tersebut akan sia-sia.

Penyebab utamanya disini adalah defisit neraca transaksi perdagangan yang semakin membesar. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh tingginya impor minyak.

Tetapi, sebaiknya Anda tinggalkan kenangan buruk mengenai melemahnya nilai tukar Rupiah tersebut. Hal ini dikarenakan ada kabar baik yang datang dari pasar berjangkan Indonesia. Dikabarkan, nilai tukar Rupiah menguat dan mencapai level terbaiknya sejak Mei 2013 yang lalu.

Nilai Rupiah yang tercatat sesuai dengan data Bloomberga hingga pukul 9.14 WIB pada Jumat 10 Januari 2014 adalah Rp. 12.125 per dollar AS atau menguat 0,8%. Hal ini terjadi selama lima hari terakhir.

pasar berjangka, tukar rupiah, kurs dollar, keuangan

Nilai tukar Rupiah di pasar berjangkan ini 0,6% lebih tinggi dari kurs dalam negeri yang melemah 0,2% sejak 3 Januari 2014, atau senilai 12.193 per dollar AS.

Penguatan yang terjadi pada nilai tukar Rupiah ini sebagian besar disebabkan oleh berkurangnya defisit neraca transaksi perdagangan. Sementara itu, cadangan devisa Indonesia juga naik cukup besar. Pada akhir tahun lalu, cadangan devisa Indonesia berada pada level US$ 99,4 miliar. Nilai naik dari jumlah sebulan sebelumnya yang mencapai US$ 97 miliar.

Karena keadaan yang semakin membaik ini, Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan BI Rate tetap pada level 7,5%. Tentunya, metode ini masih berdasarkan tujuan awal yaitu untuk menarik lebih banyak investor.

Akan tetapi, Pemerintah juga mengeluarkan kebijakan lain untuk mendukung kebijakan diatas. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan surat utang obligasi sebesar US$ 4 miliar. Penerbitan ini tercatat menjadi penerbitan surat utang terbesar sejak Pemerintah Korea Selatan melakukannya pada tahun 1998 yang lalu.

Dan memang, hasil yang didapatkan juga sangat memuaskan. Kedua cara diatas meningkatkan minat investor untuk menanamkan uang mereka. Dan sekarang, total investasi yang didapat bahkan lebih besar hingga US$ 17,5 miliar.

Menurut Analis Valas dari Malayan Banking Bhd Singapura, Skatiandi Supaat, meningkatnya cadangan devisa ini juga menjadi tanda bahwa keadaan transaksi neraca pembayaran Indonesia sedang membaik. Artinya, dapat juga dikatakan Indonesia sedang berada di jalur tepat menuju perbaikan setelah kondisi perekonomian memburuk beberapa bulan yang lalu.

Memang, tahun 2014 banyak ahli memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berjalan melambat. Tetapi, kita semua dapat berharap, dengan adanya perubahan pada keadaan nilai tukar Rupiah, maka akan ada hal positif yang datang.

pasar berjangka, tukar rupiah, kurs dollar, keuangan

BACA JUGA:

Mata Uang Asing Masuk Mal

Mengkhawatirkan! Akhirnya Nilai Tukar Rupiah Tembus 12.000

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia 0

Baru-baru ini IMF atau Dana Moneter Internasional mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan SDR yaitu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *