Teropong Bisnis | Homepage
Inflasi September Diproyeksi Bakal Menembus Angka 0,6%

Inflasi September Diproyeksi Bakal Menembus Angka 0,6%

0 Comments 🕔02.Oct 2013

Terjadinya inflasi September tahun ini memaksa banyak kalangan baik itu dari pihak investor, pemerintah, maupun pengusaha serta para ekonom mengikuti pergerakan ekonomi nasional kita pada pada beberapa bulan terakhir.Ada beberapa faktor utama yang mempengaruhi inflasi serta kondisi perekonomian nasional kita saat ini. Diantara faktor-faktor tersebut, tidak menentunya kondisi perekonomian global saat ini tidak diragukan lagi menjadi salah satu faktor yang paling mempengaruhi kondisi perekonomian di Indonesia. Tak menentunya kondisi perekonomian global tersebut mendatangkan imbas pada berbagai hal di negara kita dan salah satu hal yang terpengaruh oleh kondisi perekonomian global tersebut yaitu pergerakan tingkat inflasi di negara kita.

Ahmad Erani Yustika, peneliti Institute for Development of Economics and Finance atau Indef, meyakini bahwa tingkat inflasi di negara kita per September tahun ini berada pada level 0,6% yang berarti sedikit menurun dari level sebelumnya. Menurut Erani, penilaian tingkat inflasi tersebut sendiri bisa didasarkan pada suatu tolok ukur dan tolok ukur yang utama untuk penilaian tingkat inflasi tersebut adalah harga untuk beberapa komoditas. Erani menyebutkan bahwa beberapa hal yang menjadi tolok ukur penilaian tingkat inflasi September tahun ini meliputi tingginya harga untuk beberapa jenis komoditas di negara kita terutama tingginya harga komoditas pangan. Biarpun begitu, Erani juga menyebutkan bahwa sangat sulit untuk memberikan angka yang bisa dibilang tepat atau sebatas mendekati karena dalam hal ini, perlu dilakukan pengukuran terhadap banyak faktor serta komoditi di negara kita, terutama komoditi pangan.

Persoalan komoditas pangan yang dijadikan tolok ukur inflasi sendiri, menurut Erani, bisa disebabkan oleh beberapa hal. Beberapa hal yang menjadi penyebab persoalan komoditas pangan yang merupakan tolok ukur inflasi diantaranya adalah proses distribusi komoditi pangan di Indonesia. Tak hanya proses distribusi, kecepatan tersedianya komoditas pangan di pasar juga turut menjadi salah satu dari banyak penyebab persoalan komoditas pangan di negara kita. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama dari semua pihak yang turut terlibat dalam distribusi komoditi pangan serta kecepatan tersedianya komoditas pangan di pasar kita untuk mengatasi permasalahan komoditi pangan di negara kita saat ini.

Hal tersebut sejalan dengan apa yang dinyatakan oleh Erani dalam sebuah wawancara dimana peneliti Institute for Development of Economics and Finance atau Indef tersebut menyebutkan bahwa ada banyak faktor yang menjadi penyebab tingginya harga pangan di pasar kita dan masalah distribusi adalah salah satunya. Hari ini, Selasa, 1 Oktober 2013, BPS atau Badan Pusat Statistik rencananya akan mengeluarkan pengumuman tentang tingkat  inflasi per September tahun ini. Pengumuman resmi tentang inflasi September tersebut sendiri dilangsungkan di Kantor Pusat BPS yang berlokasi di Jakarta.

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia 0

Baru-baru ini IMF atau Dana Moneter Internasional mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan SDR yaitu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *