Teropong Bisnis | Homepage
Harga Properti Naik Akibat Dampak Rupiah Sentuh Rp.11.000?

Harga Properti Naik Akibat Dampak Rupiah Sentuh Rp.11.000?

0 Comments 🕔28.Aug 2013

Investasi merupakan hal yang wajib kita pikirkan bila ingin masa depan kita menjadi lebih baik dari saat ini. Investasi berbeda dengan menabung karena tabungan hanya sebatas uang yang kita simpan, sedangkan investasi nilainya dapat berkembang seiring zaman. Beragam jenis investasi dapat kita pilih mulai dari investasi properti, emas, reksa dana, dan sebagainya.

Bila melihat tren negatif merosotnya nilai mata uang Rupiah terhadap Dollar Amerika, maka diprediksi bahwa bisnis properti mengalami goncangan yang cukup signifikan. Bila Anda tertarik untuk memulai suatu investasi di bidang properti, maka sebaiknya Anda perlu tahu beberapa faktor yang menggoncang bidang properti di Indonesia saat ini seiring dengan terus melemahnya Rupiah terhadap Dollar Amerika.

hargapropertinaik

Pengaruh Kurs Mata Uang

Rupiah saat ini berada pada titik terlemahnya sepanjang 4 tahun belakangan ini terhadap Dollar Amerika. Hal ini jelas mengundang tanda tanya besar tentang dampaknya bagi bisnis dan keuangan di Indonesia. Bisnis dan investasi properti juga turut terkena imbas dari semakin melemahnya Rupiah terhadap Dollar Amerika. Hal ini dikarenakan banyak bahan baku properti yang merupakan barang impor.

Melemahnya kurs Rupiah sama artinya dengan semakin melonjaknya dana yang harus dikeluarkan untuk membeli bahan baku bisnis properti terutama besi. Besi menjadi komoditas penting dalam konstruksi sebuah bangunan. Saat ini Indonesia mengandalkan impor besi untuk memenuhi kebutuhan besi untuk bidang properti. Bila Anda berbisnis atau berinvestasi dalam ranah properti, tentu saja Anda harus mengeluarkan dana lebih karena bahan baku yang kian melonjak.

Selain melemahnya Rupiah terhadap Dollar Amerika, ada dua faktor lain yang mengakibatkan invetasi dan bisnis properti cukup bergejolak. Faktor-faktor yang dimaksud adalah semakin meningkatnya upah buruh dan inflasi.

Kenaikan Harga Properti Sudah Pasti

Menurut Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia, Rudy Margono, bahwa kenaikkan harga properti adalah pasti dalam waktu dekat ini. Hal ini memang terkait akan pelemahan Rupiah terhadap Dollar Amerika, peningkatan upah buruh, dan inflasi. Namun Rudy meyakinkan bahwa investasi bidang properti adalah bentuk investasi yang paling aman bila dibandingkan dengan investasi lainnya seperti reksa dana, emas, saham, dan sebagainya.

Rudy menekankan bahwa investasi properti masih lebih baik dibanding investasi lainnya apalagi di tengah kondisi ekonomi seperti ini. Setidaknya investasi di bidang properti menjadi lebih baik dan aman dibandingkan dengan investasi lainnya karena bentuk investasi lainnya sangat rentan terhadap pelemahan kurs Rupiah terhadap Dollar Amerika. Jadi, bila Anda ingin berinvestasi sekarang di tengah tren negatif Rupiah terhadap Dollar maka Anda harus pintar-pintar dalam menghitung kesempatan keuntungan yang akan Anda raih. Bisa jadi properti merupakan pilihan paling bijak saat ini karena harga properti akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

hargapropertinaik

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia 0

Baru-baru ini IMF atau Dana Moneter Internasional mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan SDR yaitu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *