Teropong Bisnis | Homepage
Gara-Gara Hadi, BCA Diincar KPK

Gara-Gara Hadi, BCA Diincar KPK

0 Comments 🕔23.Apr 2014

PT Bank Central Asia (BCA) pekan ini mendapatkan beberapa kejadian yang tidak menggembirakan. Salah satunya adalah keterkaitan mereka dengan kasus korupsi yang dilakukan oleh Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Hadi Poernomo. Kasus ini terjadi saat Hadi menduduki jabatan sebagai Direktur Jenderal Pajak.

Menurut Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Busyro Muqoddas, BCA akan dimintai keterangan. Hal ini dilakukan guna untuk melengkapi berkas penyelidikan kasus korupsi ini. Meskipun sudah menyampaikan kepastian diperiksanya BCA, Busyro belum mengungkapkan nama-nama dari BCA yang akan diperiksa.

Busyro juga mengatakan bahwa selain Hadi, ada beberapa pihak lain yang terkait dengan kasus ini. Pihak lain ini beberapa diantaranya adalah pihak swasta. Untuk penyelidikan ini, KPK masih akan mengembangkannya. Diharapkan, hasilnya nanti mampu mengungkap nama-nama dari pihak swasta ini yang terkait.

Apa yang disampaikan Busyro juga senada dengan yang disampaikan Ketua KPK Abraham Samad. Beliau juga menyatakan Hadi tidak sendiri. Ada banyak pihak yang terlibat dalam kasus korupsi ini.

bca diincar kpk, bank bca, info pajak, artikel ekonomi, managemen keuangan

Menurut Abraham, Hadi dan pihak lain yang terlibat melanggar Pasal 2 Ayat 1 dan atau Pasal 3 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP. Selain itu, pihaknya juga menggunakan Pasal 55 KUHP yang memperjelas keterlibatan pihak-pihak lain didalam kasus Hadi ini.

Awal mula keterkaikan BCA dengan kasus ini adalah saat Hadi menjadi Direktur Jenderal Pajak pada 2002-2004. Pada saat itu, BCA mengajukan permohonan keberatan pajak pada 2003. Permohonan ini diterima oleh Direktorat Pajak Penghasilan (PPh) yang kemudian meneliti lebih lanjut. Hasilnya, PPh merekomendasikan ditolaknya permohonan ini kepada Dirjen Pajak.

Meskipun demikian, Hadi Poernomo mengambil keputusan sebaliknya. Hadi mengabulkan permohonan dari BCA ini yang membawa bank ini terseret dalam kasus korupsi Hadi.

Sebenarnya, hal ini bukanlah hal yang salah dan biasa terjadi. Tetapi, yang menjadi masalah adalah waktu penerbitan keputusan yang mengabulkan permohonan BCA oleh Hadi. Pada saat Hadi menerima rekomendasi dari PPh, dia lalu memerintahkan kepada Direktur PPh untuk mengubah analisis mereka. Dan, penerbitan keputusan pengabulan permohonan ini keluar satu hari sebelum tenggat waktu analisis ulang PPh dan juga keputusan Ditjen Pajak atas permohonan ini.

Karena penerbitan surat pengabulan permohonan ini lebih cepat dari seharusnya, maka Direktur PPh tidak memiliki waktu yang cukup untuk menganalisis kembali keputusan Hadi. Hal ini pula yang menjadi masalah, karena bertentangan dengan aturan yang berlaku.

KPK mengungkapkan, Hadi seharusnya memberikan waktu yang cukup untuk Direktur PPh. Karena ulah Hadi ini, bukan hanya negara yang dirugikan hingga mencapai kerugian sebesar Rp. 375 miliar. BCA juga dirugikan dari sisi nama baik mereka yang tercoreng. Tentunya, kasus yang menyeret nama BCA ini akan mempengaruhi posisi mereka di dunia industri perbankan Indonesia.

bca diincar kpk, bank bca, info pajak, artikel ekonomi, managemen keuangan

BACA JUGA:

Yang Baru Untuk Para PKP

Aturan Pembayaran Pajak Untuk Investor Forex Trading

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Bahaya Mafia Pajak Serta Cara Mengatasinya

Bahaya Mafia Pajak Serta Cara Mengatasinya 0

Beberapa waktu lalu Panama Papers mengungkapkan mengenai praktik gelap yang dilakukan oleh perusahaan siluman sebagai mafia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan? 0

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *