Teropong Bisnis | Homepage
Diperkirakan Inflasi Naik Akibat Cuaca Buruk

Diperkirakan Inflasi Naik Akibat Cuaca Buruk

0 Comments 🕔16.Jan 2014

Sejumlah pakar ekonomi memperkirakan bahwa akan terjadi inflasi tinggi di awal tahun ini akibat cuaca buruk yang akhir-akhir ini melanda Indonesia. Bahkan inflasi di Bulan Januari ini akan jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Akan ada tekanan harga akibat cuaca buruk. Pasalnya distribusi terhambat. Panen juga akan terganggu karena cuaca buruk seperti hujan yang sangat berpotensi menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Indonesia. Chatib Basri, Menteri Keuangan RI, membenarkan prediksi akan kenaikan inflasi ini. Chatib mengatakan bahwa di Bulan Januari ini tingkat inflasi akan tinggi akibat kondisi cuaca yang sangat ekstrem. Oleh karena itu, saat ini pemerintah sedang berupaya untuk mengendalikan kenaikan harga dengan cara mengawasi jalur pendistribusian pasokan bahan-bahan makanan agar tetap lancar.

Chatib sangat berharap inflasi di Bulan Januari ini tetap berada di angka yang telah ditargetkan oleh pemerintah  agar sesuaikan dengan APBN 2014. Angka inflasi yang ditargetkan oleh pemerintah berdasarkan APBN 2014 adalah 5.5 persen saja. Sedang angka pastinya akan diketahui di akhir bulan Januari ini. Meski diprediksi mengalami peningkatan, pemerintah sangat optimis jika angka inflasi dapat dikendalikan dengan baik di akhir tahun 2014 ini. Hal ini disebabkan kondisi perekonomian Indonesia hingga pertengahan Januari 2014 ini mengalami perbaikan. Menguatnya nilai mata uang rupiah terhadap mata uang dollar Amerika adalah salah satu indikasi membaiknya perekonomian Indonesia.

inflasi naik, ekonomi, APBN 2014

Pendapat berbeda disampaikan oleh Hatta Rajasa selaku Menteri Koordinator Perekonomian. Beliau berpendapat bahwa kondisi cuaca buruk dapat dipastikan akan menyebabkan terganggunya distribusi bahan pangan ke masyarakat. Kondisi ini sudah mulai dirasakan akhir-akhir ini. Banyak pedagang di pasar tradisional yang mengeluh soal terhambatnya barang dagangan mereka. Para pedagang juga  mengungkapkan bahwa sudah ada beberapa jenis bahan pangan yang harganya mulai naik drastis. Untuk mengantisipasi kondisi yang jauh lebih buruk, Hatta Rajasa kini sudah mulai berkoordinasi dengan tim khusus pengendali harga sejumlah bahan pokok yang mengalami kenaikan, khususnya beras.

Beberapa bahan pokok yang terlihat mengalami kenaikan adalah daging ayam, minyak goreng curah, dan beras dengan kualitas medium. Harga minyak goreng curah yang semula Rp. 10.999 naik menjadi Rp.11.127 perkilogram. Daging ayam yang semula harganya Rp. 29.662 menjadi Rp.30.101 per-kilogram-nya. Sedang beras dengan kualitas medium mengalami kenaikan dari Rp.8.669  menjadi Rp.8.749 per-kilogram.

Direktur INDEF (Institute for Development of Economic and  Finance), Enny Sri Hartati, mengatakan bahwa pemerintah Indonesia harus tanggap untuk menanggulangi efek cuaca ekstrem. Kondisi seperti ini sangat rawan untuk produk palawija dan produk pertanian karena kedua jenis produk ini memiliki daya tahan yang relatif pendek. Produk palawija dan produk pertanian mudah membusuk pada kondisi akibat cuaca buruk ini. kelangkaan dan suplai yang berkurang akan mengakibatkan harga melambung.

inflasi naik, ekonomi, APBN 2014

BACA JUGA:

Kabar Gembira tentang Nilai Tukar Rupiah Dari Pasar Berjangka

Lihat Kurs Lihat Kondisi Ekonomi Negara

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *