Teropong Bisnis | Homepage
Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

Benarkah Reksa Dana dapat Dihibahkan?

0 Comments 🕔28.Jan 2016

Berbicara mengenai masalah aset, kemudian hibah dan juga warisan memang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya. Pemilik investasi adalah orang yang berperan sebagai pemilik aset, karena itulah biasanya mereka lebih bebas untuk menggunakan dana yang dimilikinya, baik itu akan ia gunakan untuk harta warisan atau bahkan untuk menghibahkannya bagi pihak lain. Ada beberapa konsep mendasar dari reksa dana yang berkaitan dengan aturan hibah, dan juga bentuk perizinannya.

Berbeda halnya dengan kata hibah, untuk proses warisan dalam bentuk aset investasi yang satu ini memang diperbolehkan, asalkan disertai dengan beberapa bentuk ketentuan atau syarat lainnya yang berlaku.

Selain itu antara warisan dan hibah juga memang terdapat perbedaan, warisan biasanya diberikan kepada pihak lain, ketika sang pemilik aset sudah meninggal. Sedangkan untuk hibah, ia biasanya diserahkan pada pihak lain ketika sang pemilik aset masih berada dalam keadaan hidup. Karena itulah banyak diantaranya orang yang beranggapan jika dana hibah lebih mudah untuk diurus jika dibandingkan dengan dana warisan, bahkan tidak jarang pula orang yang menganggap bahwa hadiah dapat diberikan kapan saja oleh pemiliknya tanpa disertai dengan bentuk pengurusan surat-surat tertentu.

Namun hal tersebut tentu saja berbeda dengan jenis investasi reksa dana yang hingga saat ini memang tidak mengizinkannya untuk melakukan hibah. Mengapa demikian? Hal ini berkaitan dengan 3 bentuk transaksi yang terdapat di dalamnya, yang mana proses transaksi tersebut hanya berkaitan dengan sistem transaksi pembelian, penjualan dan juga pengalihan.

Untuk kegiatan pembelian biasanya berkaitan dengan produk baru yang ditambah, hal ini juga berarti terdapat penambahan saldo. Selain itu, hal tersebut juga termasuk dalam bentuk transaksi berkala yang termasuk dalam kategori pembelian. Syarat untuk melakukan transaksi ini diantaranya harus dilakukan oleh pihak nasabah, artinya uang yang digunakan pun berasal dari rekening nasabah. Sementara untuk setoran tunai biasanya akan ditolak karena memang tidak diketahui bentuk asal-usulnya.

Sementara pada transaksi penjualan, maka dana yang dihasilkan dari sistem penjualan pun harus masuk ke dalam rekening atas nama nasabah tersebut. Jika terdapat perbedaan, maka nasabah pun diwajibkan untuk melakukan pengkinian data, meskipun pada dasarnya nama yang dimiliki tetaplah sama. Jika transakai tidak dilakukan dengan pengkinian data, kemudian tanda tangan juga tidak sesuai dengan identitas, maka agen penjualan pun berhak untuk melakukan pembatalan atau bahkan penundaan transaksi karena dikhawatirkan terjadi transaksi penjualan palsu.

Sementara untuk kegiatan pengalihan maka proses pemindahan investasi pun akan dialihkan dari data yang satu menuju data lainnya, namun tetap dengan menggunakan nama yang sama. Proses pengalihan ini dapat dilakukan pada hari yang sama, atau bahkan pada hari yang berbeda dengan ketentuan tidak melebihi H+7. Dari prosedur tersebut, tentu saja diketahui bahwa pemindahan aset dengan nama yang berbeda tentunya tidak dapat dilakukan. Karena itulah mengapa reksa dana tidak dapat dilakukan atau belum mengizinkan hibah untuk dilakukan.

Reksa Dana

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia

Pengakuan RMB (Renminbi) Tiongkok Sebagai Mata Uang Dunia 0

Baru-baru ini IMF atau Dana Moneter Internasional mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan SDR yaitu

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *