Teropong Bisnis | Homepage
Akuisisi BTN Akhirnya Selesai Dengan Bank Mandiri Sebagai Pemenangnya

Akuisisi BTN Akhirnya Selesai Dengan Bank Mandiri Sebagai Pemenangnya

0 Comments 🕔17.Apr 2014

Pekan ini terjadi beberapa hal menarik di pasar saham Indonesia, khususnya saham-saham perbankan. Salah satunya adalah keberhasilan PT Bank Mandiri Tbk dalam proses pengambil alihan saham PT Bank Tabungan Negara Tbk. Pemerintah memang menawarkan saham dari salah satu perusahaan BUMN ini untuk penambahan modal.

Sebelumnya, ada dua kandidat yang tertarik dengan saham dari BTN. Mereka adalah Bank Mandiri dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Kedua perusahaan perbankan ini juga mengajukan proposal layaknya proses akuisisi perusahaan pada umumnya. Tetapi Kementrian BUMN, selaku wakil Pemerintah yang berwenang dalam hal ini, akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Bank Mandiri.

Ada banyak alasan yang menjadi dasar Pemerintah memilih bank BUMN ini untuk mendapatkan saham BTN yang ditawarkan. Contohnya, struktur pendanaan yang akan digunakan Bank Mandiri untuk permodalan BTN lebih baik dan meyakinkan. Dari proposal yang ditawarkan ini, Pemerintah dapat melihat bank mana yang lebih berpotensi mengembangkan BTN.

Langkah selanjutnya proses akuisisi ini akan dilangsungkan pada bulan Mei nanti. Pada bulan Mei nanti akan diadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Acara ini akan dihadiri para pemegang saham dari BTN dan juga Bank Mandiri. Pada acara ini akan diadakan pembahasan lebih lanjut mengenai proses akuisisi ini.

Pada RUPSLB bulan Mei tersebut, akan diadakan pengambilan keputusan mengenai proses akuisisi BTN. Pengambil keputusan dalam rapat ini nantinya akan dilakukan oleh para pemegang saham minoritas.

perbankan, akuisisi btn, bank mandiri, nilai tukar rupiah, ekonomi

Komiter privatisasi juga akan mendapatkan peranan besar pada proses akuisisi ini. Hal ini dikarenakan proses akuisisi ini termasuk dalam kategori privatisasi. Aturan ini tetap berlaku, meskipun Bank Mandiri adalah bank BUMN sama seperti BTN. Pemerintah sendiri saat ini menguasai sekitar 60% dari saham BTN.

Proses akuisisi ini tidak hanya berdampak pada penambahan modal yang akan diterima BTN. Nilai saham BTN juga naik pada Rabu 16 April 2014, pukul 11.24. Pada penutupan satu hari sebelumnya, posisi saham BTN berada di angka Rp. 1.270 per saham. Setelah adanya kabar mengenai proses akuisisi ini, nilai saham BTN naik menjadi Rp. 1.395 per saham atau naik 9,84%.

Meskipun kabar proses akuisisi saham BTN oleh Bank Mandiri ini sudah tersebat, Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama Bank Mandiri belum ingin berkata banyak. Budi mengungkapkan bahwa pihaknya masih menunggu RUPSLB bulan Mei nanti. Memang, kepastian dan pengesahan proses akusisi ini akan dilakukan pada acara tersebut.

Dengan adanya akuisisi ini, maka dapat dikatakan akan ada perubahan baik yang terjadi di BTN. Hal ini sangatlah penting, mengingat tahun ini adalah tahun penting dimana akan terjadi perubahan dalam wajah perekonomian Indonesia. Proses akuisisi ini akan menjadi persiapan yang baik untuk menyambut perubahan tersebut.

perbankan, akuisisi btn, bank mandiri, nilai tukar rupiah, ekonomi

BACA JUGA:

Rencana Ekspansi Bank BJB di Tahun 2014

OJK: Bank Syariah Hadapi Perebutan Dana Nasabah yang Ketat

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *