Teropong Bisnis | Homepage
6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

0 Comments 🕔17.Feb 2016

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda. Sebenarnya, terdapat cara mudah agar Anda terbebas dari masalah keuangan seperti ini.

Rutin Memeriksa Kondisi Keuangan

Dengan mengetahui kondisi keuangan sebenarnya, Anda akan dapat mengatur penggunaan uang Anda dengan lebih baik. Buat laporan pengeluaran dan pemasukan per bulannya, serta periksa nilai aset yang Anda miliki secara rutin, misalnya setiap 3 atau 6 bulan sekali.

Alokasi Penggunaan Pendapatan

Setelah mengetahui kondisi keuangan Anda, atur alokasi penggunaan pendapatan Anda. Cara mudahnya adalah dengan menggunakan rumus berikut:

  • 35 persen untuk cicilan
  • 10 persen untuk investasi
  • 10 persen untuk asuransi
  • 40 persen untuk biaya hidup
  • 5 persen untuk sedekah

Buat Beberapa Akun Bank

Seringkali masalah datang karena tidak ada pemisahan yang jelas antara dana untuk satu kebutuhan dan lainnya. Karena hal inilah, Anda harus membuat beberapa akun bank untuk mempermudah pemakaian dana yang Anda miliki.

Dana Darurat dari Investasi

Dana darurat sebenarnya dapat dipersiapkan melalui tabungan. Tetapi, Anda juga dapat menggunakan investasi. Bila Anda memilih cara investasi, sebaiknya pilih investasi yang mempunyai resiko kecil dan mudah dicairkan, seperti emas. Untuk membangun dana darurat dari investasi seperti ini, Anda dapat menyisihkan 10 persen dari pendapatan bulanan Anda.

Investasi untuk Keuntungan

Investasi juga dapat menjadi senjata andalan untuk menghindarkan Anda dari masalah keuangan. Gunakan investasi yang ada untuk mengeruk keuntungan. Untuk tujuan ini, terdapat banyak jenis produk investasi yang dapat Anda gunakan, seperti reksadana, obligasi, saham hingga memulai bisnis pribadi.

Anda juga dapat menjadikan benda berharga atau aset pribadi Anda sebagai investasi. Gunakan pula berbagai jenis investasi untuk memaksimalkan keuntungan yang Anda dapat. Yang paling penting, rencanakan investasi Anda dengan benar, agar Anda mendapatkan manfaat maksimal darinya.

Hobi

Bila melihat 5 poin diatas, Anda mungkin berpikir bila Anda harus menghilangkan atau menekan hobi yang Anda geluti. Tetapi, hal ini dapat menjadi keputusan yang tidak tepat. Hobi Anda dapat menjadi penghasil keuntungan bahkan investasi yang berharga. Salah satu contohnya adalah hobi mengoleksi satu benda.

Misalnya, Anda mempunyai hobi mengoleksi mobil, tas mahal atau mainan. Bila Anda tekun dengan hobi ini, dalam beberapa tahun, benda koleksi Anda akan mempunyai nilai yang lebih tinggi. Dan, disinilah Anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Tetapi, Anda juga harus jeli dalam melihat pasar. Bila Anda tidak mampu memilih target pasar Anda, terdapat kemungkinan bila investasi dari koleksi ini akan sangat sulit untuk dicairkan dan menghasilkan masalah keuangan baru. Di lain sisi, bila Anda mampu melihat pasar yang tepat, seperti komunitas tertentu, maka keuntungan besar menanti Anda.

Bebas Masalah Keuangan

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *